Fasyankes

Salah satu otoritas yang diberikan kepada Fasyankes (Menggunakan Penyedia Sistem RME/Menggunakan Sistem RME Mandiri) yang telah terverifikasi adalah, Fasyankes dapat memberikan akses kode API-nya kepada penyedia sistem RME/mitra (Partners System) yang terverifikasi di SATUSEHAT platform.

Permohonan pengajuan akses kode API yang dilakukan oleh Partner System akan diverifikasi oleh Fasyankes. Fasyankes dapat mengatur pemberian akses kode API-nya atau menghentikan akses kode API yang sudah diberikan kepada Partner System tersebut.

Berikut ini langkah-langkah mendapatkan Organization ID, Client Key, dan Secret Key Production, mengirimkan/memberikan akses kode API kepada Partner System, mencabut akses kode API yang telah dikirim/diberikan kepada Partner System, serta memverifikasi pengajuan akses kode API yang diajukan oleh Partner System.

  1. Silakan klik setiap teks yang berwarna biru muda, untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan.

  2. Setiap kolom dengan bingkai berwarna merah, maka kolom tersebut bersifat WAJIB, harus terisi, atau pasti selalu di isi.

  3. Setiap terdapat simbol asterik * sebelum label kolom yang disebutkan, maka kolom tersebut bersifat WAJIB, harus terisi, atau pasti selalu diisi.

Setiap nilai yang dicontohkan atau ditampilkan di dokumentasi ini adalah nilai yang tidak sebenarnya dan tidak dapat dipakai. Nilai-nilai tersebut hanya untuk keperluan contoh saja, tidak untuk dipakai.

Akses Kode API (Production)

Berikut ini langkah-langkah mendapatkan Organization ID, Client Key, dan Secret Key Production:

  1. Silahkan akses laman https://satusehat.kemkes.go.id/platform melalui web browser Anda, kemudian klik tombol Daftar Sekarang.

  2. Pada laman Selamat datang di portal SATUSEHAT.

    • Klik tombol Masuk untuk login/masuk SATUSEHAT platform.

    • Informasi lebih jelas silakan ikuti langkah-langkah pada Login.

  3. Setelah login, pada sidebar menu, klik menu <> Akses Kode API.

    Menu Akses Kode API
  4. Pada sidebar menu <> Akses Kode API gulir kursor ke bawah. Anda akan melihat menu pilihan akses kode API. Pilih Production.

    Menu Endpoint Prod
  5. Anda dapat melihat kode Organization ID, Client Key, dan Secret Key yang dapat digunakan pada API SATUSEHAT sesuai dengan endpoint API-nya yaitu Production.

    Akses Kode API

Mengirimkan Akses Kode API Kepada Partner System

Berikut ini langkah-langkah untuk mengirimkan/memberikan akses kode API kepada Partner System:

  1. Setelah login, pada sidebar menu, klik menu <> Akses Kode API.

    Menu Akses Kode API
  2. Pada sidebar menu <> Akses Kode API gulir kursor ke bawah. Anda akan melihat menu pilihan akses kode API. Pilih Production.

    Menu Endpoint Prod
  3. Anda dapat melihat kode Organization ID, Client Key, dan Secret Key yang dapat digunakan pada API SATUSEHAT sesuai dengan endpoint API-nya yaitu Production.

    • Klik tombol Kirim Kode API untuk mengirimkan/memberikan akses kode API Production yang Anda miliki ke Partner System yang terverifikasi di SATUSEHAT platform.

      Akses Kode API
  4. Anda masuk pada tampilan kolom *Penyedia sistem RME, silakan pilih Partners System yang Anda gunakan.

    • Anda dapat mencari Partners System yang berkerjasama dengan institusi Anda pada kolom pencarian (contoh: sistem (nama institusi))

      1. Anda dapat melihat daftar penyedia sistem RME (Partners System) yang telah bergabung di SATUSEHAT platform di sini.

      2. Apabila penyedia sistem RME (Partners System) Anda tidak ditemukan, silakan hubungi penyedia sistem RME Anda untuk segera mendaftarkan sistemnya, karena penyedia sistem RME WAJIB mendaftarkan dan terdaftar sistemnya di SATUSEHAT platform.

      3. Panduan registrasi SATUSEHAT platform bagi pelaku industri kesehatan (mitra penyedia sistem RME) (Partners System) dapat dilihat di Registrasi Partners System.

      Penyedia Sistem RME
      Kolom Pencarian
  5. Apabila muncul notifikasi [Berhasil mengirim kode akses API], maka proses mengirimkan/memberikan akses kode API Production yang Anda miliki ke Partner System telah [SELESAI].

    Berhasil Mengirim Kode Akses API
  6. Data Anda selanjutnya akan otomatis masuk pada laman Izin Akses Kode API, kolom Terverifikasi.

    • Kolom Terverifikasi menampilkan daftar Partners System yang telah disetujui untuk dikirim/diberikan akses kode API Anda.

      Daftar _Partners System_ Disetujui

Cabut Akses Kode API

Fasyankes selain dapat mengirimkan/memberikan akses kode API kepada Partner System, Fasyankes juga dapat mencabut akses kode API yang telah dikirim/diberikan tersebut.

Berikut ini langkah-langkah untuk mencabut akses kode API yang telah dikirim/diberikan kepada Partner System:

  1. Setelah login, pada sidebar menu, klik menu <> Akses Kode API.

    Menu Akses Kode API
  2. Pada sidebar menu <> Akses Kode API gulir kursor ke bawah. Anda akan melihat menu pilihan akses kode API. Pilih Production.

    Menu Endpoint Prod
  3. Selanjutnya silakan lihat tampilan Izin Akses Kode API, kolom Terverifikasi.

    • Kolom Terverifikasi menampilkan daftar Partners System yang telah disetujui untuk dikirim/diberikan akses kode API Anda.

      Daftar _Partners System_ Disetujui
  4. Silahkan klik gambar/icon tempat sampah berwarna merah untuk mencabut akses kode API yang telah diberikan.

    Tempat Sampah Merah
  5. Selanjutnya akan muncul pop-up konfirmasi.

    • Klik tombol Batal atau X, apabila Anda tidak ingin melanjutkan proses mencabut akses kode API yang telah diberikan.

    • Klik tombol Cabut Akses, apabila Anda sudah yakin untuk mencabut akses kode API yang telah diberikan kepada Partners System.

      Daftar _Partners System_ Disetujui
  6. Apabila muncul notifikasi [Berhasil menyimpan data], maka proses mencabut akses kode API yang telah diberikan sebelumnya telah [SELESAI].

    • Data Partners System akan hilang/terhapus dari daftar tampilan Izin Akses Kode API, kolom Terverifikasi.

      Berhasil Menyimpan Data

Verifikasi Permohonan Pengajuan Akses Kode API Oleh Partner System

Partner System dapat mengajukan permohonan akses kode API kepada Fasyankes. Fasyankes dapat melakukan verifikasi atas permohonan tersebut.

Verifikasi Permohonan Pengajuan Akses Kode API

Berikut ini langkah-langkah untuk memverifikasi permohonan pengajuan akses kode API yang diajukan oleh Partner System:

  1. Fasyankes selalu akan mendapatkan notifikasi permohonan pengajuan akses kode API dari Partner System.

    • Silahkan klik gambar/icon lonceng dengan keterangan jumlah notif berwarna merah di pojok kiri atas dekat dengan profil akun Anda.

      Notifikasi Permohonan Pengajuan Akses Kode API
  2. Silahkan cek tampilan pada laman Izin Akses Kode API, kolom Belum Terverifikasi.

    • Kolom Belum Terverifikasi menampilkan daftar Partners System yang belum disetujui permohonan pengajuan akses kode API oleh Anda.

      Daftar _Partners System_ yang Belum Disetujui

Menyetujui/Kirim Akses Kode API

  1. Pada tampilan Izin Akses Kode API, kolom Belum Terverifikasi.

    • Silahkan klik tombol Kirim Akses untuk memberikan/menyetujui permohonan pengajuan akses kode API dari Partners System.

      Kirim Akses
  2. Selanjutnya akan muncul pop-up konfirmasi.

    • Klik tombol Batal atau X, apabila Anda tidak ingin melanjutkan proses kirim akses kode API yang telah diajukan oleh Partners System.

    • Klik tombol Kirim, apabila Anda sudah yakin untuk memberikan/menyetujui permohonan pengajuan akses kode API kepada Partners System.

      Konfirmasi Kirim Akses
  3. Apabila muncul notifikasi [Berhasil mengirim kode akses API], maka proses mengirimkan/memberikan akses kode API Production yang Anda miliki ke Partner System telah [SELESAI].

    Berhasil Mengirim Kode Akses API
  4. Data Anda selanjutnya akan otomatis masuk pada laman Izin Akses Kode API, kolom Terverifikasi.

    • Kolom Terverifikasi menampilkan daftar Partners System yang telah disetujui untuk dikirim/diberikan akses kode API Anda.

      Daftar _Partners System_ Disetujui

Tolak Permohonan Pengajuan Akses Kode API

  1. Pada tampilan Izin Akses Kode API, kolom Belum Terverifikasi.

    • Silahkan klik tombol Tolak untuk menolak permohonan pengajuan akses kode API dari Partners System.

      Tolak Akses
  2. Selanjutnya akan muncul pop-up konfirmasi.

    • Klik tombol Batal atau X, apabila Anda tidak ingin melanjutkan proses menolak permohonan pengajuan akses kode API dari Partners System.

    • Klik tombol Tolak Akses, apabila Anda sudah yakin untuk menolak permohonan pengajuan akses kode API Production dari Partners System, .

      Konfirmasi Tolak Akses
  3. Apabila muncul notifikasi [Berhasil menolak permintaan kode akses API], maka proses menolak permohonan pengajuan akses kode API Production dari Partners System telah [SELESAI].

    • Data Partners System yang mengajukan permohonan akses kode API Production akan hilang/terhapus dari daftar tampilan Izin Akses Kode API, kolom Belum Terverifikasi.

      Berhasil Mengirim Kode Akses API