Rawat Inap Fase 1 Terakhir disunting pada 23 November 2023
Riwayat Perubahan
Details
versi | Tanggal Pembaruan | Deskripsi Perubahan |
---|---|---|
v1.1 | 17 Oktober 2023 |
|
v1.0 | 08 Agustus 2023 | Rilis dokumen awal. |
Orientasi (Onboarding)
Sebelum melakukan pengiriman data terkait pendaftaran pasien dan diagnosis, terdapat 4 langkah yang perlu dilakukan yaitu:
Autentikasi ke SATUSEHAT,
Registrasi Struktur Organisasi,
Registrasi Struktur Lokasi,
Menyimpan Nomor IHS untuk Tenaga Kesehatan.
Autentikasi
Informasi autentikasi atau pertukaran/transaksi data akan dibahas lebih lanjut pada Autentikasi
Registrasi Struktur Organisasi
Berikut ini adalah struktur organisasi dari resume medis rawat inap fase 1,

Informasi terkait pemetaan nilai, penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Organization
(data suborganisasi), dapat dilihat dalam resource Organization
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari Organization
dapat dilihat dalam Postman Collection.
Registrasi Struktur Lokasi
Berikut ini adalah struktur lokasi dari resume medis rawat inap fase 1,

Informasi terkait pemetaan nilai, penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Location
(data sublokasi), dapat dilihat dalam resource Location
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari Location
dapat dilihat dalam Postman Collection.
Nomor IHS untuk Tenaga Kesehatan
Informasi terkait pemetaan nilai, penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Practitioner
(data nomor IHS Tenaga Kesehatan), dapat dilihat dalam resource Practitioner
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari Practitioner
dapat dilihat dalam Postman Collection.
Tahapan alur integrasi dan resource yang digunakan untuk modul rawat inap dapat dilihat pada Gambar 1.

Alur integrasi dan format pengiriman data terkait Data Identitas Pasien dan Formulir Rawat Inap secara umum akan dijelaskan pada Panduan Interoperabilitas sesuai dengan use case masing-masing (klik di sini) Modul Rawat Inap Fase I.
Data atau variabel Rawat Inap Fase I yang dapat dipertukarkan dalam SATUSEHAT sebagai berikut:
No | Variabel | Resource FHIR | Path FHIR | |
---|---|---|---|---|
1 | Lembar Identitas Pasien | |||
a. Identitas Umum Pasien | ||||
1) | Nomor SATUSEHAT Pasien |
|
| |
| ||||
| ||||
2) | Nama Lengkap |
|
| |
3) | Nomor Rekam Medis |
|
| |
| ||||
| ||||
4) | Nomor Induk Kependudukan (NIK) |
|
| |
| ||||
| ||||
5) | Nomor Identitas Lain (Khusus WNA): Nomor Paspor / KITAS |
|
| |
| ||||
| ||||
6) | Nama Ibu Kandung |
|
| |
7) | Tempat Lahir |
|
| |
8) | Tanggal Lahir |
|
| |
9) | Jenis Kelamin |
|
| |
10) | Bahasa yang Dikuasai |
|
| |
11) | Alamat Lengkap |
|
| |
12) | Rukun Tetangga / RT |
|
| |
13) | Rukun Warga / RW |
|
| |
14) | Kelurahan / Desa |
|
| |
15) | Kecamatan |
|
| |
16) | Kotamadya/Kabupaten |
|
| |
17) | Kode Pos |
|
| |
18) | Provinsi |
|
| |
19) | Negara |
|
| |
20) | Nomor Telepon Rumah / Tempat Tinggal |
|
| |
21) | Nomor Telepon Selular Pasien |
|
| |
22) | Status Pernikahan |
|
| |
23) | Kelas Perawatan |
|
| |
24) | Indikator Perubahan Kelas |
|
| |
25) | Ruang Kelas Perawatan |
|
| |
26) | Tipe Lokasi Rawat Pasien |
|
| |
27) | Status Operasional Tempat Tidur Pasien |
|
| |
b. Identitas Bayi Baru Lahir | ||||
1) | Nama Bayi |
|
| |
2) | NIK Ibu Kandung |
|
| |
3) | Nomor Rekam Medis |
|
| |
| ||||
| ||||
4) | Tanggal Lahir Bayi |
|
| |
5) | Jam Lahir |
|
| |
| ||||
| ||||
6) | Jenis Kelamin |
|
| |
7) | Kelahiran Ganda |
|
| |
2 | Formulir Rawat Inap | |||
a. Anamnesis | ||||
1) | Keluhatan Utama |
|
| |
| ||||
2) | Riwayat Penyakit |
|
| |
| ||||
3) | Riwayat Alergi |
|
| |
| ||||
4) | Riwayat Pengobatan |
|
| |
| ||||
| ||||
|
| |||
| ||||
| ||||
| ||||
b. Pemeriksaan Fisik | ||||
1) | Tingkat Kesadaran |
|
| |
| ||||
| ||||
2) | Vital Sign | |||
a) | Denyut Jantung |
|
| |
| ||||
| ||||
b) | Pernapasan |
|
| |
| ||||
| ||||
c) | Tekanan Darah | |||
(1) Sistole |
|
| ||
| ||||
| ||||
(2) Diastole |
|
| ||
| ||||
| ||||
d) | Suhu Tubuh |
|
| |
| ||||
| ||||
3) | Pemeriksaan Fisik | |||
a) | Kepala |
|
| |
| ||||
| ||||
b) | Mata |
|
| |
| ||||
| ||||
c) | Telinga |
|
| |
| ||||
| ||||
d) | Hidung |
|
| |
| ||||
| ||||
e) | Rambut |
|
| |
| ||||
| ||||
f) | Bibir |
|
| |
| ||||
| ||||
g) | Gigi Geligi |
|
| |
| ||||
| ||||
h) | Lidah |
|
| |
| ||||
| ||||
i) | Langit-langit |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
j) | Leher |
|
| |
| ||||
| ||||
k) | Tenggorokan |
|
| |
| ||||
| ||||
l) | Tonsil |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
m) | Dada |
|
| |
| ||||
| ||||
n) | Payudara |
|
| |
| ||||
| ||||
o) | Punggung |
|
| |
| ||||
| ||||
p) | Perut |
|
| |
| ||||
| ||||
q) | Genital |
|
| |
| ||||
| ||||
r) | Anus/Dubur |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
s) | Lengan Atas |
|
| |
| ||||
| ||||
t) | Lengan Bawah |
|
| |
| ||||
| ||||
u) | Jari Tangan |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
v) | Kuku Tangan |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
w) | Persendian Tangan |
|
| |
| ||||
| ||||
x) | Tungkai Atas |
|
| |
| ||||
| ||||
y) | Tungkai Bawah |
|
| |
| ||||
| ||||
z) | Jari Kaki |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
ab) | Kuku Kaki |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
ac) | Persendian Kaki |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
4) | Pemeriksaan Psikologis | |||
a) | Status psikologis |
|
| |
| ||||
| ||||
3 | Diagnosis | |||
a | Diagnosis Awal / Masuk |
|
| |
| ||||
|
| |||
| ||||
b. | Diagnosis Akhir / Keluar | - | - | |
1) | Diagnosis Primer / Utama |
|
| |
| ||||
| ||||
|
| |||
| ||||
2) | Diagnosis Sekunder / Penyerta |
|
| |
| ||||
| ||||
|
| |||
| ||||
4 | Tindakan / Prosedur Medis |
|
| |
| ||||
5 | Prognosis |
|
| |
6 | Kondisi Saat Meninggalkan Rumah Sakit |
|
| |
|
| |||
7 | Rencana Tindak Lanjut / Cara Keluar dari Rumah Sakit |
|
| |
|
| |||
8 | Instruksi untuk Tindak Lanjut | |||
a | Kontrol ke |
|
| |
| ||||
| ||||
b | Tanggal |
|
| |
c | Dalam Keadaan Darurat dapat Menghubungi |
|
| |
9 | Edukasi |
|
| |
10 | Sarana Transportasi Untuk Rujuk |
|
| |
11 | Pasien / Penanggung Jawab (Nama dan Tanda Tangan) |
|
| |
12 | Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (Nama dan Tanda Tangan) |
|
|
1. Pendaftaran Pasien
Pasien Umum
Apabila melakukan pengiriman data kesehatan melalui SATUSEHAT yang memiliki elemen data terkait pasien, maka diperlukan informasi {patient-ihs-number}
dari pasien yang bersangkutan. {patient-ihs-number}
seorang pasien didapatkan dari Master Patient Index (MPI) Kementerian Kesehatan. MPI menyimpan data-data demografi pasien berskala nasional, mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, Identitas resmi yang diterbitkan pemerintah, dan lain lain. Setelah mendapatkan {patient-ihs-number}
, ID dapat disimpan secara di masing-masing sistem internal fasyankes maupun partner non-fasyankes. {patient-ihs-number}
akan mempermudah pelaporan pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan pasien, karena partner tidak diwajibkan menyertakan data diri setiap ada pengiriman data {patient-ihs-number}
juga dapat digunakan untuk melihat data diri pasien secara menyeluruh.
Proses pencarian {patient-ihs-number}
dari pasien dapat dilakukan melalui FHIR API dengan metode GET. Untuk metode pencarian data pasien di SATUSEHAT secara detail dapat dilihat dalam resource Patient
dan terkait panduan/playbook MPI dapat dilihat dalam dokumen Master Patient Index.
Pasien Bayi Baru Lahir
Untuk pendaftaran pasien bayi baru lahir, maka pasien tersebut tidak akan memiliki {patient-ihs-number}
di dalam MPI. Sehingga, fasyankes perlu mengirimkan data pasien bayi baru lahir melalui FHIR API dengan metode POST untuk mendapatkan balikan {patient-ihs-number}
.
Untuk metode pencarian serta pengiriman data pasien di SATUSEHAT secara detail dapat dilihat dalam dokumen Master Patient Index.
2. Pendaftaran Kunjungan Pasien
Kunjungan pasien dapat didefinisikan sebagai interaksi pasien terhadap suatu layanan fasyankes. Sebagai contoh, dalam satu rangkaian rawat inap, seluruh rangkaian dapat didefinisikan sebagai satu “Encounter”. Data-data kunjungan pasien yang direkam meliputi kapan pertemuan tersebut mulai dan selesai, siapa tenaga kesehatan yang melayani, siapa subjek dari pelayanannya, dan informasi pendukung lainnya.
Pemetaan Nilai
Berikut pemetaan nilai untuk Encounter
yang direpresentasikan dalam peta referensi (path) ke properti (element id) terkait, untuk konteks data kunjungan:
|
Silakan klik setiap teks variabel/parameter/element FHIR pada daftar pemetaan nilai di bawah ini (berwarna merah), untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan. |
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Encounter
(data pendaftaran kunjungan pasien), dapat dilihat dalam resource Encounter
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari Encounter
dapat dilihat dalam Postman Collection.
3. Data Formulir Rawat Inap
Data Formulir Rawat Inap terdiri atas data anamnesis mencakup keluhan utama, riwayat penyakit, riwayat pengobatan, riwayat alergi, serta data penajaman anamnesis seperti diagnosis kerja atau sementara yang diberikan oleh DPJP dapat dikirimkan juga pada pengisian data anamnesis dalam bentuk kode maupun teks, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan psikologis, sosial ekonomi, serta spiritual. Data yang dimiliki pasien tersebut dapat dikirimkan menggunakan resource Condition
, AllergyIntolerance
, MedicationStatement
, Medication
, dan Observation
.
Pemetaan Nilai Condition
Berikut pemetaan nilai untuk Condition
yang direpresentasikan dalam peta referensi (path) ke properti (element id) terkait, untuk konteks pengiriman data diagnosis pasien:
|
Silakan klik setiap teks variabel/parameter/element FHIR pada daftar pemetaan nilai di bawah ini (berwarna merah), untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan. |
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Condition
(data diagnosis), dapat dilihat dalam resource Condition
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari Condition
dapat dilihat dalam Postman Collection.
Pemetaan Nilai AllergyIntolerance
Berikut pemetaan nilai untuk AllergyIntolerance
yang direpresentasikan dalam peta referensi (path) ke properti (element id) terkait, untuk konteks Pengiriman Data Alergi:
Silakan klik setiap teks variabel/parameter/element FHIR pada daftar pemetaan nilai di bawah ini (berwarna merah), untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan. |
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource AllergyIntolerance
(data alergi), dapat dilihat dalam resource AllergyIntolerance
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari AllergyIntolerance
dapat dilihat dalam Postman Collection.
Pemetaan Nilai MedicationStatement
Berikut pemetaan nilai untuk MedicationStatement
yang direpresentasikan dalam peta referensi (path) ke properti (element id) terkait, untuk konteks catatan pengobatan pasien:
Silakan klik setiap teks variabel/parameter/element FHIR pada daftar pemetaan nilai di bawah ini (berwarna merah), untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan. |
Pemetaan Nilai Medication
Berikut pemetaan nilai untuk Medication
yang direpresentasikan dalam peta referensi (path) ke properti (element id) terkait, untuk konteks data kode lokal obat di masing-masing institusi:
Silakan klik setiap teks variabel/parameter/element FHIR pada daftar pemetaan nilai di bawah ini (berwarna merah), untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan. |
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Medication
(data peresepan obat), dapat dilihat dalam resource Medication
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari Medication
dapat dilihat dalam Postman Collection.
Pemetaan Nilai Observation
Berikut pemetaan nilai untuk Observation
yang direpresentasikan dalam peta referensi (path) ke properti (element id) terkait, untuk konteks pemeriksaan laboratorium:
Silakan klik setiap teks variabel/parameter/element FHIR pada daftar pemetaan nilai di bawah ini (berwarna merah), untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan. |
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Observation
, dan contoh pengiriman data atau payload dari data tanda vital dapat dilihat dalam Postman Collection pada Petunjuk Teknis SATUSEHAT (Juknis SATSET).
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Terminologi spesifik yang digunakan dalam pengiriman data formulir rawat inap melalui resource Condition
, AllergyIntolerance
, MedicationStatement
, dan Observation
dapat dilihat dalam tabel berikut:
Pemetaan Variabel Resource Condition | |||||
---|---|---|---|---|---|
Elemen/Path FHIR | Terminologi/Format Pengisian | ||||
1. | Anamnesis | ||||
a. Keluhan Utama | |||||
| |||||
| problem-list-item | ||||
| Problem List Item | ||||
| |||||
| SNOMED-CT Code Ruang lingkup kode SNOMED CT yang dapat dipakai: Expression Constraint Language (ECL) Query: < 404684003 |Clinical finding (finding)| (Untuk Kode Lengkapnya dapat dilihat di Standar Terminologi SATUSEHAT) | ||||
| SNOMED-CT Description | ||||
b. Riwayat Penyakit | |||||
| |||||
| problem-list-item | ||||
| Problem List Item | ||||
| |||||
| SNOMED-CT Code Ruang lingkup kode SNOMED CT yang dapat dipakai: 1. Riwayat Pribadi → Expression Constraint Language (ECL) Query: < 417662000 | History of clinical finding in subject (situation) | OR < 443508001 | No history of clinical finding in subject (situation) | 2. Riwayat Keluarga → Expression Constraint Language (ECL) Query: < 416471007 | Family history of clinical finding (situation) | OR < 160266009 | (Untuk Kode Lengkapnya dapat dilihat di | ||||
| SNOMED-CT Description | ||||
c. Riwayat Alergi | |||||
| |||||
| |||||
| medication | food | environment | biologic | |
| Medication | Food | Environment | Biologic | |
| http://terminology.hl7.org/CodeSystem/allergyintolerance-clinical | ||||
| active | inactive | |||
| Active | Inactive | |||
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | Ya | Tidak | |||
d. Riwayat Pengobatan | |||||
| |||||
| Lihat di Standar Terminologi SATUSEHAT | ||||
| Lihat di Standar Terminologi SATUSEHAT | ||||
|
| Lihat di Standar Terminologi SATUSEHAT | |||
|
| Lihat di Standar Terminologi SATUSEHAT | |||
|
| Lihat di Standar Terminologi SATUSEHAT | |||
|
| Lihat di Standar Terminologi SATUSEHAT | |||
| (Tipe Data String) | ||||
2. | Pemeriksaan Fisik | ||||
1) Tingkat Kesadaran | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 67775-7 | ||||
| Level of responsiveness | ||||
|
|
| Keterangan | ||
248234008 | Mentally alert | 1. Sadar Baik/Alert: 0 | |||
300202002 | Response to voice | 2. Berespon dengan kata-kata/Voice: 1 | |||
450847001 | Response to pain | 3. Hanya berespons jika dirangsang nyeri/pain: 2 | |||
422768004 | Unresponsive | 4. Pasien tidak sadar/unresponsive: 3 | |||
130987000 | Acute confusion | 5. Gelisah atau bingung: 4 | |||
2776000 | Delirium | 6. Acute Confusional States: 5 | |||
2) Vital Sign | |||||
Denyut Jantung | |||||
| |||||
| vital-signs | ||||
| Vital Signs | ||||
| |||||
| 8867-4 | ||||
| Heart rate | ||||
| (Tipe data Decimal) | ||||
| beats/min | ||||
| |||||
| /min | ||||
Pernapasan | |||||
| |||||
| vital-signs | ||||
| Vital Signs | ||||
| |||||
| 9279-1 | ||||
| Respiratory rate | ||||
| (Tipe data Decimal) | ||||
| breaths/min | ||||
| |||||
| /min | ||||
Tekanan Darah | |||||
Sistole | |||||
| |||||
| vital-signs | ||||
| Vital Signs | ||||
| |||||
| 8480-6 | ||||
| Systolic blood pressure | ||||
| (Tipe data Decimal) | ||||
| mm[Hg] | ||||
| |||||
| mm[Hg] | ||||
Diastole | |||||
| |||||
| vital-signs | ||||
| Vital Signs | ||||
| |||||
| 8462-4 | ||||
| Diastolic blood pressure | ||||
| (Tipe data Decimal) | ||||
| mm[Hg] | ||||
| |||||
| mm[Hg] | ||||
Suhu Tubuh | |||||
| |||||
| vital-signs | ||||
| Vital Signs | ||||
| |||||
| 8310-5 | ||||
| Body temperature | ||||
| (Tipe data Decimal) | ||||
| C | ||||
| |||||
| Cel | ||||
3) Pemeriksaan Fisik | |||||
Kepala | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 10199-8 | ||||
| Physical findings of Head Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Mata | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 10197-2 | ||||
| Physical findings of Eye Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Telinga | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 10195-6 | ||||
| Physical findings of Ear Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Hidung | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 10203-8 | ||||
| Physical findings of Nose Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Rambut | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 32436-8 | ||||
| Physical findings of Hair | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Bibir | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 32446-7 | ||||
| Physical findings of Lip | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Gigi geligi | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 85910-8 | ||||
| Physical findings of Teeth and Gum Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Lidah | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 32483-0 | ||||
| Physical findings of Tongue | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Langit-langit | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 10201-2 | ||||
| Physical findings of Mouth and Throat and Teeth Narrative | ||||
| |||||
| 72914001 | ||||
| Palatal structure | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Leher | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11411-6 | ||||
| Physical findings of Neck Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Tenggorokan | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 56867-5 | ||||
| Physical findings of Throat Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Tonsil | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 10201-2 | ||||
| Physical findings of Mouth and Throat and Teeth Narrative | ||||
| |||||
| 91636008 | ||||
| Bilateral palatine tonsils | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Dada | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11391-0 | ||||
| Physical findings of Chest Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Payudara | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 10193-1 | ||||
| Physical findings of Breast Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Punggung | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 10192-3 | ||||
| Physical findings of Back Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Perut | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 10191-5 | ||||
| Physical findings of Abdomen Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Genital | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11400-9 | ||||
| Physical findings of Genitalia Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Anus/Dubur | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11388-6 | ||||
| Physical findings of Buttocks Narrative | ||||
| |||||
| 53505006 | ||||
| Anal structure | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Lengan Atas | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11386-0 | ||||
| Physical findings of Upper Arm Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Lengan Bawah | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11398-5 | ||||
| Physical findings of Forearm Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Jari Tangan | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11404-1 | ||||
| Physical findings of Hand Narrative | ||||
| |||||
| 7569003 | ||||
| Finger structure | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Kuku tangan | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 32456-6 | ||||
| Physical findings of Nail | ||||
| |||||
| 770812000 | ||||
| Entire nail unit of finger | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Persendian tangan | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11415-7 | ||||
| Physical findings of Wrist Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Tungkai atas | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11414-0 | ||||
| Physical findings of Thigh Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Tungkai Bawah | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11389-4 | ||||
| Physical findings of Calf Narrative | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Jari Kaki | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11397-7 | ||||
| Physical findings of Foot Narrative | ||||
| |||||
| 29707007 | ||||
| Toe structure | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Kuku Kaki | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 32456-6 | ||||
| Physical findings of Nail | ||||
| |||||
| 77085009 | ||||
| Structure of nail unit of toe | ||||
| (Tipe data String) | ||||
Persendian Kaki | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 11385-2 | ||||
| Physical findings of Ankle Narrative | ||||
| |||||
| 26552008 | ||||
| Foot joint structure | ||||
| (Tipe data String) | ||||
3. | Pemeriksaan Psikologis | ||||
a. Status Psikologis | |||||
| |||||
| survey | ||||
| Survey | ||||
| |||||
| 8693-4 | ||||
| Mental Status | ||||
|
|
| Keterangan | ||
17326005 | Well in self | 1. Tidak ada kelainan | |||
48694002 | Feeling anxious | 2. Cemas | |||
1402001 | Afraid | 3. Takut | |||
75408008 | Feeling angry | 4. Marah | |||
420038007 | Feeling unhappy | 5. Sedih | |||
74964007 | Other | 6. Lain-lain (Free Text) | |||
| (Tipe data String) |
4. Diagnosis
Data diagnosis pasien dapat dikirimkan menggunakan resource Condition
. Informasi diagnosis yang dimiliki pasien dilaporkan menggunakan kode ICD-10. Satu payload Condition
hanya dapat digunakan untuk melaporkan 1 kode ICD-10. Sehingga apabila pasien memiliki lebih dari 1 diagnosis atau biasa disebut dengan diagnosis penyerta maupun banding, maka dikirimkan lebih dari 1 payload Condition
dengan kode ICD-10 yang berbeda. Pemetaan Nilai resources Condition
dapat dilihat pada Data Formulir Rawat Inap.
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Terminologi spesifik yang digunakan dalam pengiriman data diagnosis melalui resource Condition
dapat dilihat dalam tabel berikut:
Pemetaan Variabel Resource Condition | |
---|---|
Elemen/Path FHIR | Terminologi/Format Pengisian |
1. Diagnosis | |
| |
| encounter-diagnosis |
| Encounter Diagnosis |
| |
| ICD-10 code |
| ICD-10 Code Description |
5. Tindakan
Pengiriman data tindakan/prosedur medis yang dilakukan terhadap seorang pasien baik tindakan diagnostik maupun tindakan terapetik dapat dikirimkan melalui resource Procedure
. Tindakan yang dilaporkan dapat berupa tindakan non-invasif (konsultasi, edukasi) maupun invasif (contoh operasi). Standar kode tindakan/prosedur medis yang dikirimkan ke SATUSEHAT menggunakan kode ICD-9 CM.
Pemetaan Nilai
Berikut pemetaan nilai untuk Procedure
yang direpresentasikan dalam peta referensi (path) ke properti (element id) terkait, untuk konteks data tindakan/prosedur medis:
|
Silakan klik setiap teks variabel/parameter/element FHIR pada daftar pemetaan nilai di bawah ini (berwarna merah), untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan. |
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Procedure
(data tindakan/prosedur medis), dapat dilihat dalam resource Procedure
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari Procedure
dapat dilihat dalam Postman Collection.
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Terminologi spesifik yang digunakan dalam pengiriman data Tindakan melalui resource Procedure
dapat dilihat dalam tabel berikut:
Pemetaan Variabel Resource Procedure | |
---|---|
Elemen/Path FHIR | Terminologi/Format Pengisian |
1. Tindakan | |
| |
| SNOMED-CT Code Ruang lingkup kode SNOMED CT yang dapat dipakai: Expression Constraint Language (ECL) Query: < 71388002 |Procedure (procedure)| (Untuk Kode Lengkapnya dapat dilihat di Standar Terminologi SATUSEHAT) |
| SNOMED-CT Description |
| |
| ICD-9 CM Code |
| ICD-10 Code Description |
2. Petugas yang Melaksanakan Tindakan | |
| (Tipe data uri) |
3. Tanggal Pelaksanakan Tindakan | |
| (Tipe data dateTime) |
4. Waktu Mulai Tindakan | |
| (Tipe data dateTime) |
5. Waktu Selesai Tindakan | |
| (Tipe data dateTime) |
6. Edukasi
Variabel edukasi menunjukkan edukasi dan instruksi kerja untuk membantu individu dan keluarga dalam meningkatkan kemampuan untuk mencapai kesehatan secara optimal dan bersedia berpartisipasi dalam proses penyembuhan pada saat pulang. Data terkait edukasi yang diberikan kepada pasien dikirimkan menggunakan resource Procedure
. Pemetaan resource Procedure
dapat dilihat pada Tindakan.
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Terminologi spesifik yang digunakan dalam data edukasi melalui resource Procedure
dapat dilihat dalam tabel berikut:
Resource Procedure | |||
---|---|---|---|
Edukasi | |||
|
|
| Keterangan |
84635008 | Disease process or condition education | 1. Proses penyakit, diagnosis, dan rencana asuhan; | |
967006 | Medication education | 2. Obat-obatan; | |
410082002 | Rehabilitation therapy education | 3. Rehabilitasi medis; | |
712651001 | Education about pain | 4. Manajemen nyeri; | |
61310001 | Nutrition education | 5. Gizi; | |
698608004 | Hand washing education | 6. Cuci tangan; | |
362978005 | Medical equipment or device education | 7. Penggunaan alat medis; |
7. Prognosis
Data terkait dengan Prognosis Pasien dapat dikirimkan menggunakan resource ClinicalImpression
.
Pemetaan Nilai
Berikut pemetaan nilai untuk ClinicalImpression
yang direpresentasikan dalam peta referensi (path) ke properti (element id) terkait, untuk konteks pengiriman data keterangan prognosis pasien:
|
Silakan klik setiap teks variabel/parameter/element FHIR pada daftar pemetaan nilai di bawah ini (berwarna merah), untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan. |
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource ClinicalImpression
, dan contoh pengiriman data atau payload dari data prognosis dapat dilihat dalam Postman Collection pada Petunjuk Teknis SATUSEHAT (Juknis SATSET).
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Terminologi spesifik yang digunakan dalam pengiriman data prognosis melalui resource ClinicalImpression
dapat dilihat dalam tabel berikut:
Resource ClinicalImpression | |||
---|---|---|---|
Nama Variabel: Prognosis | |||
|
|
| Keterangan |
170968001 | Prognosis good | 1. Baik; | |
65872000 | Fair prognosis | 2. Dubia et bonam / cenderung baik; | |
67334001 | Guarded prognosis | 3. Dubia et malam / cenderung tidak baik; | |
170969009 | Prognosis bad | 4. Tidak baik; |
8. Rencana Tindak Lanjut & Sarana Transportasi Untuk Rujuk
Data rencana tindak lanjut menunjukkan rencana perawatan selanjutnya yang akan diterima oleh pasien setelah pulang. Data terkait dengan rencana tindak lanjut ini dikirimkan menggunakan resources ServiceRequest
.
Pemetaan Nilai
Berikut pemetaan nilai untuk ServiceRequest
yang direpresentasikan dalam peta referensi (path) ke properti (element id) terkait, untuk konteks jenis perawatan:
|
Silakan klik setiap teks variabel/parameter/element FHIR pada daftar pemetaan nilai di bawah ini (berwarna merah), untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan. |
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource ServiceRequest
(rencana tindak lanjut/cara keluar dari rumah sakit), dapat dilihat dalam resource ServiceRequest
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari ServiceRequest
dapat dilihat dalam Postman Collection.
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Terminologi spesifik yang digunakan dalam rencana tindak lanjut dengan pilihan jawaban “Dirujuk ke” dan “Rawat Inap” melalui resource ServiceRequest
dapat dilihat dalam tabel berikut:
Resource ServiceRequest | ||
---|---|---|
Elemen/Path/FHIR | Terminologi/Format Pengisian | |
Nama Variabel: Rencana tindak lanjut/cara keluar dari rumah sakit | ||
| ||
| 3457005 | 737481003 |
| Patient referral | Inpatient care management |
Keterangan | Dirujuk ke | Rawat Inap |
| - | |
| AMB | - |
| Ambulance | - |
| Tipe data String | - |
Keterangan | - Format pengisian untuk jawaban 1. Ambulans dapat melihat elemen - Format pengisian untuk 2. Lain-lain (free text) dapat melihat elemen | - |
9. Instruksi untuk Tindak Lanjut
Variabel Instruksi untuk tindak lanjut dan resource yang digunakan dapat dilihat dalam tabel berikut:
Variabel | Format/Value | Path FHIR | |
---|---|---|---|
Instruksi untuk Tindak Lanjut | Kontrol ke | 1. Poli |
|
2. Fasyankes | |||
3. Lain-lain (free text) | |||
Tanggal | - |
| |
Dalam Keadaan Darurat dapat Menghubungi | - |
|
Pengiriman data instruksi tindak lanjut dikirimkan melalui resource ServiceRequest
dalam satu payload JSON dengan Rencana Tindak Lanjut. Pemetaan nilai resources ServiceRequest
dapat dilihat pada Rencana Tindak Lanjut & Sarana Transportasi untuk Rujuk. Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource ServiceRequest
(instruksi tindak lanjut), dapat dilihat dalam resource ServiceRequest
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari ServiceRequest
dapat dilihat dalam Postman Collection.
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Terminologi spesifik yang digunakan dalam instruksi tindak lanjut melalui resource ServiceRequest
dapat dilihat dalam tabel berikut:
Resource ServiceRequest | |||
---|---|---|---|
Elemen/Path/FHIR | Terminologi/Format Pengisian | ||
Instruksi Tindak Lanjut | |||
| |||
| 185389009 | ||
| Follow-up visit | ||
| |||
| OF | HOSP | PC |
| Outpatient facility | Hospital | Primary care clinic |
Keterangan | 1. Poli | 2. Fasyankes | 2. Fasyankes |
Untuk pilihan jawaban “3. Lain-lain (free-text)”, maka tuliskan keterangan melalui elemen | |||
Rujukan Internal / Kontrol Ulang di Rumah Sakit yang Sama (Self Referral) | |||
| |||
| 306098008 | ||
| Self-referral | ||
| |||
| 11429006 | ||
| Consultation | ||
Rujukan External menggunakan kode SNOMED-CT (Patient Referral) | |||
| |||
| 3457005 | ||
| Patient referral | ||
| |||
| 11429006 | ||
| Consultation |
10. Kondisi saat Meninggalkan Rumah Sakit
Data terkait kondisi saat meninggalkan rumah sakit dikirimkan menggunakan resource Condition
dan Encounter
. Pemetaan resource Condition
dapat dilihat pada Data Formulir Rawat Inap dan resource Encounter
dapat dilihat pada Pendaftaran Kunjungan Pasien.
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Data kondisi saat meninggalkan rumah sakit menunjukkan keadaan pasien saat meninggalkan rumah sakit. Pengisian pilihan jawaban dari kondisi saat meninggalkan rumah sakit dan resource yang digunakan dapat dilihat dalam tabel berikut:
Variabel | Format/Value | Resource | Elemen Data/Path |
---|---|---|---|
Kondisi Saat Meninggalkan Rumah Sakit | 1. Stabil; |
|
|
2. Tidak stabil; |
|
| |
3. Perbaikan; |
|
| |
4. Meninggal < 48 jam; |
|
| |
5. Meninggal > 48 jam |
|
| |
6. Lain-lain (free text) |
|
|
Kondisi saat meninggalkan rumah sakit dengan pilihan jawaban “Stabil”, “Tidak stabil”, dan “Perbaikan” akan dikirimkan menggunakan resource Condition
.
11. Cara Keluar dari Rumah Sakit
Data cara keluar dari rumah sakit menjelaskan terkait cara pasien keluar dari rumah sakit. Data cara keluar dari rumah sakit diisi dengan pilihan jawaban “Pulang atas persetujuan dokter” dan “Pulang atas permintaan sendiri”. Data tersebut akan dikirimkan menggunakan resource Encounter
pada elemen Encounter.hospitalization.dischargeDisposition.coding
. Sedangkan untuk pilihan jawaban “Lain-lain”, keterangan tambahan dapat dikirimkan dengan tipe data String melalui elemen Encounter.hospitalization.dischargeDisposition.text
.
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Terminologi spesifik yang digunakan dalam pengiriman data kondisi saat meninggalkan rumah sakit dengan pilihan jawaban “Dirujuk”, “Meninggal <48 jam”, “Meninggal > 48 jam” melalui resource Encounter
dapat dilihat dalam tabel berikut:
Resource Encounter | |||
---|---|---|---|
Nama Variabel: Rencana tindak lanjut/cara keluar dari rumah sakit | |||
|
|
| Keterangan |
home | home | 1. Pulang atas persetujuan dokter; | |
aadvice | Left against advice | 2. Pulang atas permintaan sendiri; | |
oth | Other | 3. Lain-lain (free text) |
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Encounter
(data pendaftaran kunjungan pasien), dapat dilihat dalam resource Encounter
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari Encounter
dapat dilihat dalam Postman Collection.
12. Pembaharuan Data Kunjungan
Setelah pasien selesai melakukan kunjungan ke fasyankes, maka perlu dilakukan pembaharuan data kunjungan dengan menambahkan informasi seperti diagnosis primer, diagnosa sekunder, periode kunjungan selesai, Kondisi Saat Meninggalkan Rumah Sakit, dan Rencana Tindak Lanjut serta Cara Keluar dari Rumah Sakit, atau informasi lainnya yang belum tersedia di awal kunjungan dengan metode PUT. Jika pasien melakukan perpindahan ruangan hingga sistem pergantian tenaga kesehatan maupun rawat bersama maka pembaharuan juga dilakukan dengan metode PUT. Pastikan dalam payload yang akan dilakukan pembaharuan, dimasukkan elemen Encounter.id
yang berisi UUID balikan dari SATUSEHAT setelah pengiriman data kunjungan di awal.
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Encounter
(pembaharuan data kunjungan), dapat dilihat dalam resource Encounter
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari Encounter
dapat dilihat dalam Postman Collection.
VARIASI KASUS RAWAT INAP
Contoh Alur Pasien menunggu Ketersediaan Ruangan

Pendaftaran kunjungan rawat inap baru bisa dilakukan setelah pengecekan ketersediaan ruangan rawat inap. Jika di fasilitas pelayanan kesehatan tidak ada ketersediaan ruang rawat inap, maka pasien akan tetap menunggu atau diarahkan ke Ruang IGD dan berada dalam masa tunggu.
Berikut adalah tahapan pengiriman data ketika pasien menunggu ketersediaan ruangan:
Dalam kasus ini akan digunakan metode POST dan PUT Encounter pada Pendaftaran Rawat Inap.
Jika pasien berada dalam masa tunggu ruangan, maka encounter akan di POST dengan
Encounter.status
nya adalahplanned
.Encounter.location
diisi dengan lokasi pertama pasien saat menunggu ketersediaan ruangan, dalam contoh kasus ini adalah Ruang IGD.Encounter.location.period.start
pada lokasi pertama diisi dengan waktu mulai tunggu pasien.Setelah pasien mendapat ruangan dan mulai masuk ke pendaftaran rawat inap, maka digunakan metode PUT dengan
Encounter.status
yang diganti menjadi in-progress.Encounter.location
diperbaharui dengan lokasi kedua yang akan menjadi tempat rawat inap pasien.Pembaharuan
Encounter.location.period.end
pada lokasi pertama yang isinya akan sama denganEncounter.location.period.start
lokasi kedua.
Selengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas.
Contoh Alur Kasus Titip Rawat Pasien

Jika di fasilitas pelayanan kesehatan tidak ada ketersediaan ruang rawat inap yang sesuai dengan kelas pelayanan yang dimiliki pasien, maka akan terjadi proses titip rawat
. Berikut adalah tahapan pengiriman data dari kasus titip rawat pasien:
Pada saat pengiriman data pendaftaran rawat inap digunakan metode
POST Encounter
.Encounter.location
berisi ID Lokasi pada Ruang Rawat Inap Kelas 1 sebagai tempat titip rawat pasien.Encounter.location.extension:serviceClass.value
diisi dengan kode 2 dan display Kelas 2 sebagai hak kelas perawatan yang dimiliki pasien.Encounter.location.extension:serviceClass.upgradeClass
diisi dengan kode titip-rawat dan display Titip Kelas Rawat.Metode
PATCH Location
danPUT Encounter
akan dikirimkan sebagai pembaharuan data kunjungan saat Pasien sudah kembali ke kelas tetap perawatan-nya.Location.operationalStatus
pada Ruang Rawat Inap Kelas 1 diisi dengan kode U dan display Unoccupied (Artinya Bed 2 pada Ruangan Rawat Inap Kelas 1 sudah tidak digunakan).Location.operationalStatus
pada Ruang Rawat Inap Kelas 2 diperbaharui berupa kode O dan display Occupied (Artinya Bed 3 pada Ruang Rawat Inap Kelas 2 akan digunakan oleh pasien).Encounter.location.location
berisi dua lokasi, yaitu lokasi rawat pertama di Ruang Rawat Inap 1, Bed 2 (diberikanEncounter.location.period.start
danEncounter.location.period.end
ketika berada di ruangan/lokasi rawat pertama) dan lokasi rawat kedua di Ruang Rawat Inap 2, Bed 3 (diberikanEncounter.location.period.start
saja, sedangkanEncounter.location.period.end
diberikan di PUT saat update pulang).Pada
Encounter.location.extension:serviceClass.upgradeClass
dilakukan pembaharuan juga dengan kode kelas-tetap dan display Kelas Tetap Perawatan.
Selengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas.

Apabila pasien titip rawat tersebut mengajukan untuk kenaikan kelas/penurunan kelas pada saat masa perawatan maka perlu dilakukan pembaharuan data. Contoh berikut adalah ketika pasien mengajukan untuk naik kelas perawatan sesuai dengan kelas pada saat dititip rawat. Tahapan pengiriman data untuk kasus tersebut sebagai berikut:
Metode
PUT Encounter
akan dikirimkan sebagai pembaharuan data kunjungan saat Pasien naik kelas perawatannya.Encounter.location.location
berisi satu lokasi yang sama dengan pada saat titip rawat, yaitu di di Ruang Rawat Inap 1, Bed 2.Pada
Encounter.location.extension:serviceClass.value
dilakukan pembaharuan dari kode 2 dengan display Kelas 2 menjadi kode 1 dengan display Kelas 1 sebagai Hak Kelas Perawatan yang dimiliki pasien setelah mengajukan kenaikan kelas perawatan.Pada
Encounter.location.extension:serviceClass.upgradeClass
dilakukan pembaharuan juga dengan kode naik-kelas dan display Kenaikan Kelas Perawatan.
Selengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas.
Contoh Alur Kasus Perubahan Kelas Perawatan Pasien

Jika pasien mengajukan perubahan kelas perawatan, baik naik kelas maupun turun kelas dari hak kelas perawatannya maka akan terjadi proses perubahan kelas perawatan pasien. Berikut adalah tahapan pengiriman data dari kasus naik kelas (dari kelas 2 ke kelas 1) di awal kunjungan:
Pada saat pengiriman data pendaftaran rawat inap digunakan metode
POST Encounter
.Encounter.location
berisi ID Lokasi pada Ruang Rawat Inap Kelas 1 sebagai tempat perawatan pasien.Encounter.location.extension:serviceClass.value
diisi dengan kode 1 dan display Kelas 1 sebagai hak kelas perawatan yang dimiliki pasien setelah naik kelas. Hal ini berbeda dengan kasus titip rawat dimana pada path ini diisi Kelas 2.Encounter.location.extension:serviceClass.upgradeClass
diisi dengan kode naik-kelas dan display Kenaikan Kelas Perawatan.
Apabila perubahan kelas pasien terjadi pada saat masa perawatan, misalnya pasien awalnya dirawat sesuai hak kelas perawatannya (Kelas 2) tetapi setelah 3 hari pasien meminta kenaikan kelas (Kelas 1). Berikut adalah tahapan pengiriman data dari kasus naik kelas dari kelas tetap perawatan:
Pada saat pengiriman data pendaftaran rawat inap digunakan metode
POST Encounter
.Encounter.location
berisi ID Lokasi pada Ruang Rawat Inap Kelas 2 sebagai ruang kelas tetap perawatan pasien.Encounter.location.extension:serviceClass.value
diisi dengan kode 2 dan display Kelas 2 sebagai hak kelas perawatan yang dimiliki pasienEncounter.location.extension:serviceClass.upgradeClass
diisi dengan kode kelas-tetap dan display Kelas Tetap Perawatan.Metode
PATCH Location
danPUT Encounter
akan dikirimkan sebagai pembaharuan data kunjungan saat Pasien naik kelas perawatan.Location.operationalStatus
pada Ruang Rawat Inap Kelas 2 diisi dengan kode U dan display Unoccupied (Artinya Bed 3 pada Ruangan Rawat Inap Kelas 2 sudah tidak digunakan).Location.operationalStatus
pada Ruang Rawat Inap Kelas 1 diperbaharui berupa kode O dan display Occupied (Artinya Bed 2 pada Ruang Rawat Inap Kelas 1 akan digunakan oleh pasien).Encounter.location.location
berisi dua lokasi, yaitu lokasi rawat pertama di Ruang Rawat Inap 2, Bed 3 (diberikanEncounter.location.period.start
danEncounter.location.period.end
ketika berada di ruangan/lokasi rawat pertama) dan lokasi rawat kedua di Ruang Rawat Inap 1, Bed 2 (diberikanEncounter.location.period.start
saja, sedangkanEncounter.location.period.end
diberikan di PUT saat update pulang).Pada
Encounter.location.extension:serviceClass.upgradeClass
dilakukan pembaharuan juga dengan kode naik-kelas dan display Kenaikan Kelas Perawatan.Pada
Encounter.location.extension:serviceClass.value
dilakukan pembaharuan dari kode 2 dengan display Kelas 2 menjadi kode 1 dengan display Kelas 1 sebagai Hak Kelas Perawatan yang dimiliki pasien setelah mengajukan kenaikan kelas.
Selengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas.
Contoh Alur Pasien Rawat Inap melakukan Operasi

Contoh alur kasus ini terjadi jika pasien dari IGD akan melakukan Tindakan seperti Operasi sebelum pasien masuk ke dalam ruangan rawat inap. Tindakan yang dilaporkan nantinya akan memiliki waktu yang sama dengan waktu pasien masuk ke dalam pendaftaran kunjungan rawat inap. Untuk itu dalam metode POST Encounter, Encounter.period.start
akan sama dengan waktu mulai dilakukannya tindakan dan pada metode POST Procedure, Procedure.performedPeriod.start
akan sama dengan waktu Pendaftaran Kunjungan Rawat Inap. Saat pasien sudah selesai tindakan, akan dilakukan PUT Encounter untuk update Encounter.location.period.end
pada Lokasi dilakukannya tindakan. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas.
Contoh Alur Pencatatan Kondisi Pasien pada Asesmen Harian Rawat Inap

Dalam modul rawat inap, Asesmen harian kondisi pasien dapat berubah-ubah setiap harinya sehingga dalam satu kali Encounter Rawat Inap, pasien dapat memiliki beberapa kondisi yang terjadi selama masa pelayanan rawat inap. Perubahan kondisi harian ini dapat menggunakan metode POST dan PUT pada resources Condition
.
Jika pasien mulai muncul kondisi tertentu pada hasil asesmen, akan digunakan metode POST dengan Condition.onsetdateTime
sebagai waktu munculnya kondisi tersebut. Jika setelah dilakukan observasi maupun tindakan kondisi pasien sudah tidak sesuai dengan hasil asesmen awal, maka akan digunakan metode PUT dengan Condition.onsetdateTime
sebagai waktu munculnya kondisi kondisi tertentu pada hasil assesment dan Condition.abatementdateTime sebagai waktu saat hasil asesmen tersebut sudah tidak sesuai dengan kondisi pasien.
Kondisi pasien akan dikirimkan menggunakan kode SNOMED-CT pada Condition.code
. Ruang lingkup kode SNOMED CT yang dapat dipakai yaitu : Expression Constraint Language (ECL) Query : < 404684003 |Clinical finding (finding)|.
Selengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas.
Contoh Alur Pergantian DPJP

Pada kasus pergantian DPJP, metode POST berisi praktisi pertama yang menjadi DPJP pasien. Selanjutnya jika pasien berpindah DPJP ke DPJP lain maka digunakan metode PUT. Pada metode PUT untuk Encounter.participant
disertakan dua DPJP, yaitu DPJP pertama (diberikan Encounter.participant.period.start
dan Encounter.participant.period.end
saat pergantian DPJP) dan DPJP kedua (diberikan Encounter.participant.period.start
saja, sedangkan Encounter.participant.period.end
diberikan di PUT saat update pulang).
Contoh Alur Rawat Bersama DPJP

Pada kasus Rawat Bersama, metode POST berisi praktisi pertama yang menjadi DPJP pasien. Selanjutnya jika terjadi Rawat Bersama antar dua DPJP atau lebih, maka digunakan metode PUT. Pada metode PUT untuk Encounter.participant
disertakan dua DPJP, yaitu DPJP pertama/utama (diberikan Encounter.participant.period.start
dan Encounter.participant.type
berupa kode ATND) dan DPJP kedua (diberikan Encounter.participant.period.start
dan Encounter.participant.type
berupa kode SPRF). Encounter.participant.period.end
diberikan di PUT saat update pulang untuk kedua DPJP yang melakukan Rawat Bersama. Kumpulan kode value-set Encounter.participant.type
dapat diakses di https://docs.google.com/document/u/0/d/1yRmKBfe3iyYse90LQNqKoXukaUIE5kZfGZvEfW9_uCU/edit.
Selengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas.
Contoh Alur Perpindahan Ruangan dalam Rawat Inap

Dalam pembaharuan kunjungan pada modul Rawat Inap, jika terjadi perpindahan ruangan/lokasi maka akan menggunakan metode POST, PATCH, dan PUT. Pada metode POST Encounter berisi ruangan/lokasi pertama pasien. Selanjutnya jika pasien dipindahkan ke ruangan/lokasi kedua maka digunakan metode PUT. Metode PATCH Location
atau PUT Location
dan PUT Encounter
akan dikirimkan sebagai pembaharuan data kunjungan saat Pasien dipindahkan ruangannya. Pembaharuan data lokasi dapat menggunakan dua metode, yaitu PATCH Location
dan PUT Location
. Metode PATCH Location
hanya perlu mengirimkan elemen yang mengalami perubahan saja, sedangkan pada metode PUT Location
, seluruh data lokasi awal dikirimkan kembali dengan menyertakan pembaharuan pada elemen yang mengalami perubahan. Lokasi awal pasien pada Ruang Rawat Inap Kelas 1, Bed 2 akan diperbaharui pada bagian Location.operationalStatus
dengan kode U dan display Unoccupied (Artinya Bed 2 pada Ruangan Rawat Inap Kelas 1 sudah tidak digunakan). Sedangkan, di lokasi kedua pasien pada Ruang ICU, Bed 1 akan diperbaharui pada bagian Location.operationalStatus
berupa kode O dan display Occupied (Artinya Bed 1 pada Ruang ICU akan digunakan oleh pasien).
Pada metode PUT Encounter untuk Encounter.location.location
disertakan dua lokasi, yaitu lokasi pertama di Ruang Rawat Inap 1, Bed 2 (diberikan Encounter.location.period.start
dan Encounter.location.period.end
ketika berada di ruangan/lokasi rawat pertama) dan lokasi kedua di Ruang ICU, Bed 1 (diberikan Encounter.location.period.start saja, sedangkan Encounter.location.period.end
diberikan di PUT saat update pulang). Selengkapnya dapat dilihat pada gambar di atas.