Postnatal Care (PNC)
Riwayat Perubahan
Details
Versi | Tanggal Pembaruan | Deskripsi Perubahan | Penanggung Jawab |
---|---|---|---|
v3.5 | 19 Juli 2024 |
| Raden Nurilma |
v3.4 | 2 Juli 2024 | Update perubahan metode penutupan episode nifas dari | Luthfi Nabilah Qonitah |
v3.3 | 12 Juni 2024 | Perubahan format playbook dengan menyesuaikan ketentuan pengiriman data Anamnesis, Prognosis, Pengkajian Resep agar merujuk pada Modul Pelayanan | Raden Nurilma Hidayatullah |
v3.2 | 5 Maret 2024 |
| Raden Nurilma Hidayatullah |
v3.1 | 20 Februari 2024 | Penambahan variabel Warna Lokhia | Raden Nurilma Hidayatullah |
4 Februari 2024 |
| Anisatul ‘Afifah | |
v3.0 | 1 Februari 2024 |
| Raden Nurilma Hidayatullah |
v2.1 | 29 Januari 2024 | Penambahan deskripsi | Raden Nurilma Hidayatullah |
v2.0 | 21 November 2023 | Penambahan Pemeriksaan Penunjang Laboratorium | Raden Nurilma Hidayatullah |
v1.0 | 13 Maret 2023 | Rilis dokumen awal. | Kathy Salsabila |
Silakan klik setiap teks yang berwarna biru muda, untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan. |
POSTMAN SATUSEHAT
Kami menyediakan Postman SATUSEHAT yang berisi Environment dan Postman Collection SATUSEHAT. Anda dapat menggunakan Postman SATUSEHAT tersebut untuk mempermudah proses pemaham alur/skema dari pengiriman data SATUSEHAT pada modul ini ketika melakukan workshop secara mandiri.
Silakan terlebih dahulu men-download/mengunduh/froking environment dan Postman Collection SATUSEHAT sebelum mempelajari modul ini lebih dalam:
|
PREREQUISITES
Sebelum melakukan pengiriman data SATUSEHAT, terdapat 4 langkah yang perlu dilakukan yaitu:
Autentikasi ke SATUSEHAT,
Registrasi Struktur Organisasi,
Registrasi Struktur Lokasi,
Menyimpan Nomor IHS untuk Tenaga Kesehatan (
Practitioner
).
Autentikasi
Informasi autentikasi atau pertukaran/transaksi data akan dibahas lebih lanjut pada Autentikasi
Registrasi Struktur Organisasi
Berikut ini adalah struktur organisasi dari postnatal care (PNC).
|
Registrasi Struktur Lokasi
Berikut ini adalah struktur lokasi dari postnatal care (PNC).
|
Nomor IHS untuk Tenaga Kesehatan
Proses pencarian SATUSEHAT ID dari tenaga kesehatan
|
INTEGRASI
Postnatal Care (PNC) atau Pelayanan Kesehatan Masa Sesudah Melahirkan adalah setiap kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan yang ditujukan pada ibu selama masa nifas dan pelayanan yang mendukung bayi yang dilahirkannya sampai berusia 2 (dua) tahun[1].
Playbook use case PNC dibuat sebagai panduan teknis untuk fasilitas pelayanan kesehatan atau pengembang rekam medis elektronik lainnya dalam melakukan proses integrasi dan interoperabilitas di dalam SATUSEHAT Platform (SSP), khususnya informasi terkait kesehatan ibu di masa nifas. Playbook ini menjelaskan secara detail mengenai standar tahapan alur integrasi dan format pengiriman data, mulai dari:
Pendaftaran Pasien
Pendaftaran Kunjungan
Memulai Episode Nifas
Pengiriman Data Persalinan dan Status Obstetri
Pengiriman Data Pelayanan Nifas
Pengiriman Data Pemeriksaan Penunjang Laboratorium
Pengiriman Data Diagnosis
Pengiriman Data Tindakan/Prosedur Medis
Pengiriman Data Farmasi (Alergi Obat, Peresepan Obat, Pengkajian Resep, dan Pengeluaran Obat)
Pengiriman Data Rencana Tindak Lanjut dan Sarana Transportasi untuk Rujuk
Pengiriman Data Instruksi Tindak Lanjut
Pengiriman Data Kondisi Saat Meninggalkan Rumah Sakit
Pengiriman Data Cara Keluar dari Rumah Sakit
Pembaruan Data Kunjungan
Menutup Episode Nifas
Resource FHIR yang digunakan pada use case ini yaitu :
AllergyIntolerance
Condition
DiagnosticReport
Encounter
EpisodeOfCare
Medication
MedicationDispense
MedicationRequest
Observation
Patient
Procedure
ServiceRequest
Specimen
Tahapan alur integrasi dan resource yang digunakan untuk modul Postnatal Care (PNC) dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Pelaporan terkait Data atau variabel PNC melalui SATUSEHAT disesuaikan dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil, Masa Hamil, Persalinan, dan Masa Sesudah Melahirkan, Pelayanan Kontrasepsi, dan Pelayanan Kesehatan Seksual.
Informasi Variabel
Data atau variabel PNC yang dapat dipertukarkan dalam SATUSEHAT sebagai berikut:
No | Variabel | Resource FHIR | Path FHIR | |
1 | Identitas Umum Pasien | |||
a | Nomor SATUSEHAT Pasien |
|
| |
| ||||
| ||||
b | Nama Lengkap |
|
| |
c | Umur |
|
| |
| ||||
| ||||
2 | Pendaftaran Kunjungan | |||
a | Kunjungan PNC |
|
| |
b | Tanggal Persalinan |
|
| |
| ||||
| ||||
c | Tanggal Kunjungan |
|
| |
d | Kunjungan PNC (KF) |
|
| |
e | Gravida |
|
| |
| ||||
f | Partus |
|
| |
| ||||
g | Abortus |
|
| |
| ||||
3 | Pelayanan Nifas | |||
a | Tekanan Darah Sistolik |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
b | Tekanan Darah Diastolik |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
c | Nadi |
|
| |
| ||||
| ||||
d | Suhu |
|
| |
| ||||
| ||||
e | Pernapasan |
|
| |
| ||||
| ||||
f | Pendarahan Pervaginam |
|
| |
| ||||
| ||||
g | Jumlah Pendarahan |
|
| |
| ||||
| ||||
h | Kondisi Perineum |
|
| |
| ||||
| ||||
i | Tanda Infeksi Perineum |
|
| |
| ||||
| ||||
j | Tanda Infeksi Luka Jahitan Sectio Caesaria |
|
| |
| ||||
| ||||
k | Kondisi Payudara |
|
| |
| ||||
| ||||
l | Kontraksi Uteri |
|
| |
| ||||
| ||||
m | Warna Lokhia |
|
| |
| ||||
| ||||
n | Bau Lokhia |
|
| |
| ||||
| ||||
o | Produksi ASI |
|
| |
| ||||
| ||||
p | Buang Air Kecil |
|
| |
| ||||
| ||||
q | Buang Air Besar |
|
| |
| ||||
| ||||
r | Konseling |
|
| |
| ||||
4 | Laboratorium | |||
a | Permintaan Pemeriksaan Laboratorium |
|
| |
b | Spesimen |
|
| |
c | Hasil Pemeriksaan Laboratorium |
|
| |
d | Data Laporan Hasil Pemeriksaan |
|
| |
5 | Diagnosis | |||
a | Jenis Penyakit |
|
| |
b | Jenis Diagnosa Primer |
|
| |
| ||||
| ||||
|
| |||
| ||||
c | Jenis Diagnosa Sekunder |
|
| |
| ||||
| ||||
|
| |||
| ||||
d | Keterangan |
|
| |
6 | Tindakan | |||
a | Jenis Tindakan |
|
| |
7 | Obat | |||
a | Apakah ada alergi? |
|
| |
b | Jenis Obat |
|
| |
| ||||
c | Peresepan Obat |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
d | Pengeluaran Obat |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
8 | Prognosis | |||
a | Prognosis |
|
| |
9 | Rencana Tindak Lanjut | |||
a | Rencana Tindak Lanjut |
|
| |
10 | Instruksi untuk Tindak Lanjut | |||
a | Kontrol ke |
|
| |
| ||||
| ||||
b | Tanggal |
| ||
c | Dalam Keadaan Darurat dapat Menghubungi |
| ||
11 | Sarana Transportasi Untuk Rujuk | |||
a | Sarana Transportasi Untuk Rujuk |
|
| |
12 | Kondisi Saat Meninggalkan Rumah Sakit | |||
a | Kondisi Saat Meninggalkan Rumah Sakit |
|
| |
|
| |||
13 | Cara Keluar dari Rumah Sakit | |||
a | Cara Keluar dari Rumah Sakit |
|
|
1. Pendaftaran Pasien
Apabila melakukan pengiriman data kesehatan melalui SATUSEHAT yang memiliki elemen data terkait resource Patient
, maka diperlukan informasi {patient-ihs-number}
dari pasien yang bersangkutan. {patient-ihs-number}
seorang pasien didapatkan dari Master Patient Index (MPI) Kementerian Kesehatan. MPI menyimpan data-data demografi pasien berskala nasional, mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, identitas resmi yang diterbitkan pemerintah, dan lain lain. Setelah mendapatkan {patient-ihs-number}
, ID dapat disimpan secara di masing-masing sistem internal fasyankes maupun partner non-fasyankes. {patient-ihs-number}
akan mempermudah pelaporan pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan pasien, karena partner tidak diwajibkan menyertakan data diri setiap ada pengiriman data {patient-ihs-number}
juga dapat digunakan untuk melihat data diri pasien secara menyeluruh.
Proses pencarian
|
2. Pendaftaran Kunjungan Pasien
Kunjungan pasien dapat didefinisikan sebagai interaksi pasien terhadap suatu layanan fasyankes. Sebagai contoh, dalam satu rangkaian rawat jalan, seluruh rangkaian dapat didefinisikan sebagai satu “Encounter”. Data-data kunjungan pasien yang direkam meliputi kapan pertemuan tersebut mulai dan selesai, siapa tenaga kesehatan yang melayani, siapa subjek dari pelayanannya, dan informasi pendukung lainnya.
Pemetaan Nilai
Berikut pemetaan nilai untuk Encounter
yang direpresentasikan dalam peta referensi (path) ke properti (element id) terkait, untuk konteks data kunjungan:
|
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Encounter
, dan contoh pengiriman data atau payload dari pendaftaran kunjungan pasien dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT.
3. Memulai Episode Nifas saat Kunjungan Pertama Kali PNC
Saat pasien berkunjung untuk mendapatkan pelayanan PNC yang pertama kali, maka data resource EpisodeOfCare
harus dikirimkan. Pembuatan resource EpisodeOfCare
cukup dikirimkan satu kali saja saat pertama kali melakukan kunjungan PNC. Respons balikan dari SATUSEHAT berupa UUID kemudian digunakan untuk menandai data Encounter.episodeOfCare
selama kunjungan PNC.
Pada kunjungan PNC yang berikutnya tidak perlu membuat EpisodeOfCare
yang baru, UUID EpisodeOfCare
yang pertama kali dibuat dapat dicari dengan metode GET menggunakan parameter pencarian dengan patient IHS Number Patient
, type EpisodeOfCare
“PNC”, dan status “active” untuk mendapatkan UUID EpisodeOfCare
yang kemudian digunakan untuk menandai data Encounter.episodeOfCare
pada kunjungan tersebut dan kunjungan-kunjungan PNC yang berikutnya. Selain ketiga parameter pencarian tersebut, parameter organization IHS Number Organization
juga dapat digunakan apabila hanya ingin melihat EpisodeOfCare
di faskes yang dikunjungi. Namun, apabila ingin melihat seluruh EpisodeOfCare
yang sedang dijalani oleh pasien maka tidak perlu menambahkan parameter organization.
Contoh pencarian UUID
EpisodeOfCare
dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT.
Pemetaan Nilai
Berikut pemetaan nilai untuk EpisodeOfCare
yang direpresentasikan dalam peta referensi (path) ke properti (element id) terkait:
|
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Terminologi spesifik yang digunakan dalam data episode nifas saat pelayanan PNC melalui resource EpisodeOfCare
dapat dilihat dalam tabel berikut:
Pemetaan Variabel Resource EpisodeOfCare | |
---|---|
Elemen/ FHIR Path | Terminologi/Format Pengisian |
Data Kunjungan Nifas | |
Kunjungan PNC | |
| https://terminology.kemkes.go.id/CodeSystem/episodeofcare-type |
| PNC |
| Postnatal Care |
4. Pengiriman Data Persalinan dan Status Obstetri
Data persalinan dan status obstetri terdiri dari data Tanggal Persalinan, Gravida, Partus, dan Abortus yang dapat dikirimkan menggunakan resource Observation
.
Pemetaan nilai, tipe mandatoris, deskripsi, dan format pengisian dari setiap elemen data/path terkait dapat merujuk ke pemetaan nilai resource tersebut pada Pengiriman Data Hasil Pemeriksaan Fisik di modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
Daftar Variabel dan Terminologi Spesifik Data Persalinan dan Status Obstetri
Daftar variabel dan terminologi yang digunakan dalam pengiriman data tanggal persalinan dan status obstetri melalui resource Observation
adalah sebagai berikut:
Resource Observation | |
---|---|
Elemen/Path FHIR | Terminologi/Format Pengisian |
Tanggal Persalinan | |
| |
| 93857-1 |
| Date and time of obstetric delivery |
| |
| survey |
| Survey |
| (Tipe data dateTime) |
Gravida | |
| |
| 11996-6 |
| [#] Pregnancies |
| (Tipe data Integer) |
Partus | |
| |
| 11977-6 |
| [#] Parity |
| (Tipe data Integer) |
Abortus | |
| |
| 69043-8 |
| Other pregnancy outcomes # |
| (Tipe data Integer) |
5. Pengiriman Data Pelayanan Nifas
Pemeriksaan Ibu
Data terkait Tekanan Darah Sistolik, Tekanan Darah Diastolik, Nadi, Suhu, Pernapasan, Jumlah Perdarahan, Kondisi Perineum, Tanda Infeksi Perineum, Tanda Infeksi Luka Jahitan Sectio Caesaria, Kondisi Payudara, Kontraksi Uteri, Warna Lokhia, Bau Lokhia, Produksi ASI, Buang Air Kecil, dan Buang Air Besar dapat dikirimkan melalui resource Observation
. Sementara, data terkait Perdarahan Pervaginam dikirimkan melalui resource Condition
dan data terkait Konseling dikirimkan melalui resource Procedure
.
Pemetaan nilai, tipe mandatoris, deskripsi, dan format pengisian dari setiap elemen data/path terkait dapat merujuk ke pemetaan nilai resource tersebut dapat merujuk ke pemetaan nilai resource |
Daftar Variabel dan Terminologi Data Pelayanan Nifas
Daftar variabel dan terminologi yang digunakan dalam pengiriman data pelayanan nifas melalui resource Observation
, Condition
, dan Procedure
adalah sebagai berikut:
Resource Observation | |||||
---|---|---|---|---|---|
Elemen/Path FHIR | Terminologi/Format Pengisian | ||||
1. Tekanan Darah Sistolik | |||||
| |||||
| vital-signs | ||||
| Vital Signs | ||||
| |||||
| 8480-6 | ||||
| Systolic blood pressure | ||||
| http://fhir.org/guides/who/anc-cds/CodeSystem/anc-custom-codes | ||||
| Systolic blood pressure | ||||
| (Tipe data Decimal) | ||||
| mm[Hg] | ||||
| |||||
| mm[Hg] | ||||
2. Tekanan Darah Diastolik | |||||
| |||||
| vital-signs | ||||
| Vital Signs | ||||
| |||||
| 8462-4 | ||||
| Diastolic blood pressure | ||||
| http://fhir.org/guides/who/anc-cds/CodeSystem/anc-custom-codes | ||||
| Diastolic blood pressure | ||||
| (Tipe data Decimal) | ||||
| mm[Hg] | ||||
| |||||
| mm[Hg] | ||||
3. Nadi | |||||
| |||||
| vital-signs | ||||
| Vital Signs | ||||
| |||||
| 8867-4 | ||||
| Heart rate | ||||
| (Tipe data Decimal) | ||||
| beats/minute | ||||
| |||||
| /min | ||||
4. Suhu | |||||
| |||||
| vital-signs | ||||
| Vital Signs | ||||
| |||||
| 8310-5 | ||||
| Body temperature | ||||
| (Tipe data Decimal) | ||||
| C | ||||
| |||||
| Cel | ||||
5. Pernapasan | |||||
| |||||
| vital-signs | ||||
| Vital Signs | ||||
| |||||
| 9279-1 | ||||
| Respiratory rate | ||||
| Pernapasan | ||||
| (Tipe data Decimal) | ||||
| breaths/min | ||||
| |||||
| /min | ||||
6. Perdarahan Pervaginam | |||||
| |||||
| problem-list-item | ||||
| Problem List Item | ||||
| |||||
| 289530006 | ||||
| Vaginal bleeding | ||||
7. Jumlah Pendarahan | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 81661-1 | ||||
| Blood Loss [Volume] Measured | ||||
| (Tipe data Decimal) | ||||
| mL | ||||
| |||||
| mL | ||||
8. Kondisi Perineum | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 364297003 | ||||
| Female perineum observable | ||||
| (Tipe data String) | ||||
9. Tanda Infeksi Perineum | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| OC000020 | ||||
| Tanda Infeksi Perineum | ||||
| (Tipe data Boolean) | ||||
10. Tanda Infeksi Luka Jahitan Sectio Caesaria | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| OC000025 | ||||
| Tanda Infeksi Luka Jahitan Sectio Caesaria | ||||
| (Tipe data Boolean) | ||||
11. Kondisi Payudara | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 32422-8 | ||||
| Physical findings of breast | ||||
| |||||
| 300885006 | 290070001 | 54302000 | 53430007 | 290084006 |
| Swelling of breast | Red breast | Discharge from nipple | Pain of breast | Breast normal |
12. Kontraksi Uteri | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 289700000 | ||||
| Uterine contractions present | ||||
| (Tipe data Boolean) | ||||
13. Warna Lokhia | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 249214003 | ||||
| Color of lochia | ||||
| |||||
| 278072004 | 449828001 | 449827006 | ||
| Lochia rubra | Lochia serosa | Lochia alba | ||
Jawaban yang Divisualisasikan | Merah | Kecokelatan | Kuning | ||
14. Bau Lokhia | |||||
| |||||
| exam | ||||
| Exam | ||||
| |||||
| 249215002 | ||||
| Odor of lochia | ||||
| (Tipe data Boolean) | ||||
15. Produksi ASI | |||||
| |||||
| survey | ||||
| Survey | ||||
| |||||
| OC000017 | ||||
| Produksi ASI | ||||
| |||||
| OV000016 | OV000017 | OV000018 | ||
| Produksi ASI ada | Produksi ASI ada tapi sedikit | Produksi ASI tidak ada | ||
16. Buang Air Kecil | |||||
| |||||
| survey | ||||
| Survey | ||||
| |||||
| 102834005 | ||||
| Normal micturition | ||||
| (Tipe data Boolean) | ||||
17. Buang Air Besar | |||||
| |||||
| survey | ||||
| Survey | ||||
| |||||
| 300375001 | ||||
| Able to defecate | ||||
| (Tipe data Boolean) | ||||
18. Konseling Perawatan Bayi Baru Lahir | |||||
| |||||
| 408988007 | ||||
| Newborn care education | ||||
| completed | not-done |
6. Pengiriman Data Pemeriksaan Penunjang Laboratorium
Pengiriman Data terkait Pemeriksaan Penunjang Laboratorium mulai dari skema pemeriksaan, permintaan pemeriksaan penunjang melalui ServiceRequest
, Pengiriman Spesimen melalui Specimen
, data Hasil Pemeriksaan Penunjang melalui Observation
, dan data Laporan Pemeriksaan Penunjang melalui DiagnosticReport
dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik Modul Rawat Jalan, IGD, maupun Rawat Inap di SATUSEHAT.
7. Pengiriman Data Diagnosis
Data diagnosis pasien dapat dikirimkan menggunakan resource Condition
. Informasi diagnosis yang dimiliki pasien dilaporkan menggunakan kode ICD-10. Satu payload Condition
hanya dapat digunakan untuk melaporkan 1 kode ICD-10. Sehingga apabila pasien memiliki 2 diagnosis, maka dikirimkan 2 payload Condition
dengan 2 kode ICD-10 yang berbeda.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
8. Pengiriman Data Tindakan/Prosedur Medis
Data terkait Tindakan/Prosedur Medis dikirimkan menggunakan resource Procedure
.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
9. Pengiriman Data Farmasi
Data terkait Farmasi meliputi pengiriman data alergi obat, peresepan obat, pengkajian resep, dan pengeluaran obat. Pengiriman data alergi obat menggunakan resource AllergyIntolerance
. Pengiriman Data peresepan obat menggunakan 2 resources yaitu Medication
dan MedicationRequest
. Pengiriman data pengeluaran/dispense obat menggunakan 2 resources yaitu Medication
dan MedicationDispense
.
Skema Proses Peresepan dan Pengeluaran Obat
Data proses peresepan dan pengeluaran obat pada fasilitas pelayanan kesehatan akan menggunakan kamus farmasi dan alat kesehatan (KFA) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan. KFA merupakan kamus master data produk farmasi dan alat kesehatan yang memuat kode unik untuk setiap produk farmasi dan alat kesehatan sehingga dapat digunakan dan diintegrasikan pada semua sistem yang digunakan pelaku industri kesehatan.
Pengiriman Data Peresepan Obat
Pengiriman data peresepan obat akan menggunakan 2 resources yaitu Medication
dan MedicationRequest
. resource Medication
akan mencatatkan data umum terkait obat yang akan diresepkan. Sedangkan resource MedicationRequest
akan digunakan untuk mengirimkan data terkait peresepan obat seperti jumlah yang diresepkan, instruksi minum obat dan lain-lain. Kedua data ini dikirimkan secara bersamaan sebagai 1 paket yaitu Medication
dan MedicationRequest
. Satu payload Medication
dan MedicationRequest
hanya dapat digunakan untuk peresepan 1 jenis obat saja. Apabila terdapat 2 jenis obat yang diresepkan, maka dikirimkan 2 paket Medication
dan MedicationRequest
.
Pengiriman Data Pengeluaran Obat
Pengiriman data pengeluaran/dispense obat akan menggunakan 2 resources yaitu Medication
dan MedicationDispense
. resource Medication
akan mencatatkan data umum terkait obat yang akan di dispense. Sedangkan resource MedicationDispense
akan digunakan untuk mengirimkan data terkait proses dispense obat, seperti jumlah yang di dispense, instruksi minum obat dan lain-lain. Kedua data ini dikirimkan secara bersamaan sebagai 1 paket yaitu Medication
dan MedicationDispense
. Satu payload Medication
dan MedicationDispense
hanya digunakan untuk dispense/pengeluaran 1 jenis obat saja. Apabila terdapat 2 jenis obat yang dikeluarkan, maka dikirimkan 2 paket Medication
dan MedicationDispense
.
Pemetaan nilai, tipe mandatoris, deskripsi, format pengisian dari setiap elemen data/path, serta pemetaan variabel dan terminologi spesifik terkait Peresepan Obat, Pengkajian Resep, dan Pengeluaran Obat pada Pengiriman Data Anamnesis terkait Riwayat Alergi dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Terminologi spesifik yang digunakan dalam pengiriman data Farmasi untuk data alergi melalui resource AllergyIntolerance
, yaitu:
Pemetaan Variabel Resource AllergyIntolerance | ||
---|---|---|
Elemen/Path FHIR | Terminologi/Format Pengisian | |
Alergi Obat | ||
1. Apakah ada alergi obat | ||
| http://www.nlm.nih.gov/research/umls/rxnorm | |
| ||
| ||
| http://terminology.hl7.org/CodeSystem/allergyintolerance-clinical | |
| active | inactive |
| Active | Inactive |
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | Ya | Tidak |
2. Jika Ya, jenis obat | ||
| http://www.nlm.nih.gov/research/umls/rxnorm | |
| ||
|
10. Pengiriman Data Rencana Tindak Lanjut & Sarana Transportasi Untuk Rujuk
Data rencana tindak lanjut dan transportasi untuk rujuk menunjukkan rencana perawatan selanjutnya yang akan diterima oleh pasien setelah pulang. Data terkait dengan rencana tindak lanjut ini dikirimkan menggunakan resources ServiceRequest
.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
11. Pengiriman Data Instruksi untuk Tindak Lanjut
Pengiriman data instruksi untuk tindak lanjut dapat dilakukan dengan menggunakan resources ServiceRequest
.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
12. Pengiriman Data Kondisi Saat Meninggalkan Rumah Sakit
Data kondisi saat meninggalkan rumah sakit menunjukkan keadaan pasien saat meninggalkan rumah sakit dan dilakukan dengan resource Encounter
dan Condition
.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
13. Pengiriman Data Cara Keluar dari Rumah Sakit
Data cara keluar dari rumah sakit menjelaskan terkait cara pasien keluar dari rumah sakit. Data cara keluar dari rumah sakit diisi dengan pilihan jawaban “Pulang atas persetujuan dokter” dan “Pulang atas permintaan sendiri”. Data tersebut akan dikirimkan menggunakan resource Encounter
pada elemen Encounter.hospitalization.dischargeDisposition.coding
. Sedangkan untuk pilihan jawaban “Lain-lain”, keterangan tambahan dapat dikirimkan dengan tipe data String melalui elemen Encounter.hospitalization.dischargeDisposition.text
.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
14. Pembaruan Data Kunjungan
Pasien sedang mendapatkan pelayanan kesehatan
Saat pasien sedang mendapatkan pelayanan kesehatan atau pemeriksaan, sangat direkomendasikan untuk mencatat kapan proses tersebut dimulai dan berakhir pada Encounter.statusHistory
dengan menambah data baru dengan Encounter.statusHistory[].periode
dan menandai Encounter.statusHistory[].periode
dengan nilai in-progress. Jika update data kunjungan dilakukan secara realtime mengikuti setiap perubahan status kunjungan maka saat mengupdate data kunjungan diperlukan untuk mengisikan Encounter.periode
sesuai dengan data yang ditambahkan pada Encounter.statusHistory[].periode
serta menandai Encounter.status
sebagai in-progress.
Kunjungan selesai
Saat kunjungan pasien selesai, dilakukan pembaharuan data kunjungan dengan menambahkan informasi diagnosis, periode kunjungan selesai, kondisi saat meninggalkan fasilitas pelayanan kesehatan, dan rencana tindak lanjut/cara keluar dari fasilitas pelayanan kesehatan, kunjungan Neonatus serta UUID
dari EpisodeOfCare
untuk neonatus yang terkait. Pengiriman data dilakukan melalui metode PUT
. Isi Encounter.id
dengan UUID
balikan dari SATUSEHAT setelah melakukan POST
data kunjungan pertama kali.
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Encounter
. Untuk contoh pengiriman data atau payload dari pembaharuan data kunjungan dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT.
Khusus untuk status kunjungan Neonatus disematkan pada Encounter
dengan format sebagai berikut:
Pemetaan Variabel Resource Encounter | ||||
---|---|---|---|---|
Elemen/Path FHIR | Terminologi/Format Pengisian | |||
| http://terminology.kemkes.go.id/CodeSystem/episodeofcare/puerperium | |||
| KF1 | KF2 | KF3 | KF4 |
Keterangan | KF 1 (6 jam - 2 hari) | KF 2 (3 - 7 hari) | KF 3 (8 - 28 hari) | KF 4 (29 - 42 hari) |
Keterangan: Pengiriman data Kunjungan PNC melalui elemen |
15. Menutup Episode Nifas
Episode nifas yang didaftarkan saat pertama kali melakukan kunjungan PNC perlu ditutup untuk menandai berakhirnya periode nifas untuk seorang ibu. Informasi terkait penutupan episode kehamilan ini berkaitan dengan mengupdate nilai pada EpisodeOfCare.status
dan menambahkan 1 objek EpisodeOfCare.statusHistory[i].status
dengan isian *“finished” serta mengisikan waktu penutupan episode kehamilan pada EpisodeOfCare.period.end
dan EpisodeOfCare.statusHistory[i].periode.end
dengan isian “finished”* melalui metode PATCH
.
Berakhirnya nifas ini dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut dan akan mengupdate nilai EpisodeOfCare.periode.end
dan EpisodeOfCare.statusHistory[].periode.end
dengan salah satu kondisi berikut:
Berakhirnya masa nifas, yaitu enam minggu (42 hari) setelah persalinan.
Kehilangan kontak dan follow-up - tidak tersedianya informasi terkait berakhirnya nifas karena sistem tidak lagi mampu melacak pencatatan maupun follow-up terhadap periode nifas seorang ibu, maka waktu yang digunakan dapat memanfaatkan batas maksimum masa nifas dapat terjadi yaitu 6 minggu (42 hari) setelah tanggal persalinan.