Arsitektur Terakhir disunting pada 27 September 2023

Diagram Sistem DICOM

Berikut ini diagram arsitektur DICOM secara umum :

Diagram Sistem DICOM

Berdasarkan diagram di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. SIMRS/SIMPUS akan melakukan order, di mana hasil dari aksi tersebut akan mendapatkan Accession Number :

    • Bila memiliki MWL (Modality Worklist) sendiri, maka order tadi akan disimpan ke MWL server milik Rumah Sakit.

    • Bila tidak memili MWL sendiri, maka order tadi nantinya secara manual akan dimasukkan ke Modality terkait.

  2. Pada saat yang bersamaan, SIMRS/SIMPUS juga akan mengirimkan resource ServiceRequest ke SATUSEHAT, di mana Accession Number tadi juga dikirimkan pada resource tersebut.

  3. Setelah melakukan order dan resource ServiceRequest tadi dikirimkan ke SATUSEHAT, maka langkah selanjutnya terkait Modality adalah sebagai berikut :

    • Bila memiliki MWL, maka Modality akan mengambil data, termasuk Accession Number tadi dari MWL server milik Rumah Sakit.

    • Bila tidak memiliki MWL sendiri, maka data terkait order tadi dimasukkan secara manual oleh teknisi Rumah Sakit ke Modality terkait.

  4. Selanjutnya Modality akan melakukan pengambilan gambar (image acquisition/scan), dan akan meng-emit event C-STORE :

    • bila ada PACS (Picture Archiving and Communication System), maka hasil pindai yang berupa file berformat DICOM akan disimpan ke DICOM Storage di PACS, dan juga melanjutkan event dari Modality C-STORE.

    • bila tidak ada PACS, maka Modality tersebut hanya menyimpan sementara file DICOM tersebut dan juga meng-emit event C-STORE.

  5. DICOM Router yang sudah berjalan sebelumnya selalu melakukan listening terhadap event C-STORE tadi, sehingga otomatis file DICOM dari Modality tadi diproses oleh DICOM Router, dan disimpan sementara untuk kemudian akan diproses lebih lanjut.

Resource FHIR Terkait

Sistem DICOM ini akan menggunakan dua jenis resource FHIR yang nantinya harus didapatkan terlebih dahulu atau dikirimkan oleh aplikasi yang akan diinstal, dari dan ke ekosistem SATUSEHAT, yaitu resource ServiceRequest dan resource ImagingStudy. Berikut ini penjelasan mengenai resource-resource terkait :

Resource ServiceRequest

  • Pada sistem DICOM, SIMRS/SIMPUS akan melakukan order, di mana hasil dari aksi tersebut akan didapatkan Accession Number.

    Bila memiliki MWL, maka order tadi akan disimpan ke MWL server milik Rumah Sakit. Bila tidak ada MWL sendiri, maka order tadi nantinya secara manual akan dimasukkan ke Modality terkait.
  • SIMRS/SIMPUS akan mengirimkan POST data permintaan pemeriksaan menggunakan resource ServiceRequest. Selanjutnya SATUSEHAT akan mengembalikan ServiceRequest ID (ID balikan dari SATUSEHAT) ke SIMRS/SIMPUS.

  • resource ServiceRequest juga akan digunakan secara internal oleh DICOM Router untuk melakukan pengecekan terhadap Accession Number, apakah Accession Number yang diberikan sama dengan file DICOM yang didapat.

Resource ImagingStudy

  • Jika Accession Number yang diberikan sama dengan file DICOM yang didapat, maka DICOM Router akan melakukan proses unggah file DICOM untuk membuat ImagingStudy yang kemudian akan dikirimkan ke SATUSEHAT.

  • resource ImagingStudy pada DICOM Router akan digunakan setelah sistem berhasil melakukan pengecekan terhadap Accession Number yang didapat dari file DICOM yang telah dikirimkan oleh Modality untuk kemudian dibuat resource ImagingStudy.