Layanan SATUSEHAT

Layanan SATUSEHAT yang Tersedia

SATUSEHAT memberikan layanan sebagai berikut:

Tabel 1. Layanan SATUSEHAT
LayananDeskripsi

Data Pokok Identitas Pasien (Master Patient Index)

Klien akan dapat mengambil nomor SATUSEHAT pasien dengan memberikan nomor Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan/atau beberapa parameter demografi lainnya.

Data Pokok Identitas Nakes (Master Nakes Index)

Klien akan dapat mengambil nomor praktisi kesehatan IHS dengan memberikan nomor NIK dan/atau beberapa parameter demografi lainnya.

Data Kunjungan Pasien (Patient Registration)

Klien akan dapat mengirimkan informasi ketika pasien mengunjungi institusi.

Mengirimkan Data Diagnostik Pasien (Submit Patient Diagnostic Data)

Klien akan dapat mengirimkan informasi ketika ada hasil diagnostik dari kunjungan pasien.

Pengenalan Master Data Index

Standardisasi kamus yang dapat digunakan oleh seluruh stakeholder kesehatan melalui SATUSEHAT untuk mendapatkan standarisasi data pasien, tenaga kesehatan, bidan dan lain-lain. Master Data Index tersebut terdiri dari:

Data Pasien (Master Patient Index)

Data produk yang didesain khusus sebagai standar data pasien yang akan tervalidasi oleh Data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk data yang berkaitan dengan demografi. Dapat digunakan sebagai standar utama data pasien oleh seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia via SATUSEHAT.

Data Tenaga Kesehatan [Nakes] (Master Nakes Index)

Produk data yang didesain khusus sebagai standard data index tenaga kesehatan yang digabungkan dari berbagai sumber data sumber daya manusia (SDM) nakes (Nama, Surat Tanda Registrasi (STR), Surat Izin Praktik (SIP), dll).

Data Fasilitas Layanan Kesehatan [Fasyankes] (Master Sarana Index)

Master data yang didesain khusus sebagai standar data Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang terdiri dari 35 jenis Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Data-data ini disusun berdasarkan dari berbagai sumber seperti Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK), Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS), Sistem Informasi Manajemen Data Kefarmasian (SIMADA), dan lain-lain.

Data Farmasi dan Alat Kesehatan (Kamus KFA)

Produk data yang didesain sebagai Master data Farmasi, Obat, dan Alat Kesehatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber data seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP) sebagai standar referensi data obat (kandungan zat aktif, ukuran, volume, dll) dan alat kesehatan.

Data Pembiayaan

Produk data yang didesain sebagai Master data Pembiayaan yang dapat digunakan oleh seluruh Fasilitas Kesehatan dan dapat dijadikan standar untuk penyusunan format biaya untuk pelayanan, tindakan, dan lain-lain.

Data Layanan

Produk data yang didesain sebagai Master data Layanan yang dapat digunakan oleh seluruh Fasilitas Kesehatan dan dapat dijadikan standar pengkodean layanan.