Terminologi

SATUSEHAT merupakan platform interoperabilitas data kesehatan. Interoperabilitas memungkinkan informasi kesehatan dipertukarkan sewaktu-waktu, antara tenaga medis yang berbeda, entitas lain yang berwenang, dan pasien, dalam kondisi aman, rahasia serta perlindungan data lainnya. SATUSEHAT menggunakan standar HL7 FHIR dalam pertukaran datanya. Dalam melakukan pertukaran HL7 FHIR bekerja seperti grammar dalam sebuah pembelajaran bahasa, oleh karenanya diperlukan vocabulary yang mendukung. Berikut ini standar terminologi yang digunakan pada SATUSEHAT platform:

ICD-10

ICD-10 adalah Klasifikasi Statistik Internasional Tentang Penyakit dan Masalah Kesehatan Revisi ke 10 atau the 10th revision of the International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems (ICD). ICD-10 adalah daftar klasifikasi medis yang dikeluarkan oleh WHO.

ICD-10 didalam interoperabilitas SATUSEHAT platform digunakan sebagai standar diagnosis
SATUSEHAT platform menggunakan ICD-10 versi 2010

ICD-9 CM

ICD-9 CM adalah Klasifikasi dan Kodefikasi Prosedur Internasional Revisi ke 9 Modifikasi Klinis atau International Classification of Procedure Code, 9th Revision, Clinical Modification (ICD-9 CM). ICD-9 CM adalah standar untuk penamaan prosedur dan tindakan medis yang dikeluarkan oleh WHO.

ICD-9 CM didalam interoperabilitas SATUSEHAT platform digunakan sebagai standar penamaan prosedur & tindakan medis
SATUSEHAT platform menggunakan ICD-9 CM versi 2010

LOINC

Logical Observation Identifiers Name and Codes (LOINC) adalah database dan standar universal untuk mengidentifikasi pengamatan laboratorium medis. Memudahkan pemahaman kode karena terdiri dari sekelompok identifikasi, nama, dan kode untuk mengidentifikasi pengukuran kondisi, observasi, dan dokumen kesehatan.

LOINC didalam interoperabilitas SATUSEHAT platform digunakan sebagai standar penamaan uji laboratorium

SNOMED-CT

SNOMED Clinical Terms (SNOMED-CT) adalah sebuah sistem yang menyediakan kosakata komprehensif konsep medis, termasuk kondisi medis dan anatomi, serta tes medis, perawatan, dan prosedur.

SNOMED-CT didalam interoperabilitas SATUSEHAT platform digunakan sebagai standar penamaan istilah klinis

Lampiran Terminologi

Dokumen Lampiran Terminologi adalah dokumen yang berisi daftar terminologi yang dapat digunakan dalam proses integrasi SATUSEHAT pada setiap pelayanan dan use case sesuai standar HL7 FHIR. Dokumentasi ini dibagi menjadi beberapa bagian yang terdiri dari:

Standar Terminologi

Dokumen Standar Terminologi adalah dokumen yang memberikan daftar terminologi yang dapat digunakan dalam proses integrasi SATUSEHAT. Dokumen ini akan memberikan daftar terminologi pada setiap elemen FHIR resource.