Kamus Istilah

API

Singkatan dari Application Programming Interface, yaitu kumpulan definisi dan protokol terkait koneksi antara komputer atau aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan pertukaran data.

Whitespace

Dalam pemrograman komputer, whitespace atau spasi adalah setiap karakter atau rangkaian karakter yang mewakili ruang horizontal atau vertikal dalam tipografi. Saat di-render, karakter spasi tidak akan terlihat, tetapi biasanya menempati area pada halaman dokumen.

FHIR

Fast Healthcare Interoperability Resources adalah standar yang menjelaskan format dan elemen data (dikenal sebagai resource) dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk bertukar catatan kesehatan elektronik (EHR/EMR, Electronic Health Record/Electronic Medical Record). Standar ini dibuat oleh organisasi yang mengelola standarisasi terkait perawatan kesehatan, Health Level Seven International (HL7).

LOINC

Logical Observation Identifiers Names and Codes adalah database dan standar universal untuk mengidentifikasi observasi laboratorium medis. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1994, dibuat dan dikelola oleh Regenstrief Institute, sebuah organisasi penelitian medis nirlaba AS. LOINC dibuat sebagai tanggapan atas permintaan akan database elektronik untuk perawatan dan manajemen klinis dan tersedia untuk umum tanpa biaya.

SNOMED

Systematized Nomenclature of Medicine adalah kumpulan istilah medis yang sistematis dan dapat diproses komputer, dalam kedokteran manusia dan hewan, untuk memberikan kode, istilah, sinonim, dan definisi yang mencakup anatomi, penyakit, temuan, prosedur, mikroorganisme, zat, dll. Ini memungkinkan cara yang konsisten untuk mengindeks, menyimpan, mengambil, dan mengumpulkan data medis di seluruh spesialisasi dan tempat perawatan.

SNOMED CT

Systematized Nomenclature of Medicin Clinical Terms adalah kumpulan istilah medis yang dikelola secara sistematis yang dapat diproses komputer yang menyediakan kode, istilah, sinonim, dan definisi yang digunakan dalam dokumentasi dan pelaporan klinis. Sebagai terminologi perawatan kesehatan klinis multibahasa yang paling komprehensif di dunia, mereka mempunyai tujuan utama untuk mengkodekan makna yang digunakan dalam informasi kesehatan dan untuk mendukung perekaman data klinis yang efektif dengan tujuan meningkatkan perawatan pasien. Mereka menyediakan terminologi umum inti untuk catatan kesehatan elektronik, meliputi: temuan klinis, gejala, diagnosis, prosedur, struktur tubuh, organisme dan etiologi lainnya, zat, obat-obatan, perangkat, dan spesimen.

Modul Pelayanan

Interoperabilitas SATUSEHAT yang penggunaannya disesuaikan dengan pelayanan esensial di lingkungan Fasyankes, seperti: Resume Medis Rawat Jalan, Rawat Inap, dll.

Penerapan (Use Case)

Interoperabilitas SATUSEHAT yang penggunaannya disesuaikan dengan penerapan jenis/kategori penyakit tertentu, seperti: Skrining Hipotiroid Kongenital, Antenatal Care, Gizi, Tumbuh Kembang, dll.

BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat Badan POM adalah sebuah lembaga di Indonesia yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Fungsi dan tugas badan ini menyerupai fungsi dan tugas Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat dan European Medicines Agency di Uni Eropa. BPOM berupaya memastikan keamanan obat-obatan, makanan, dan minuman yang dikonsumsi oleh konsumen.

cURL

client Uniform Resource Locator adalah proyek perangkat lunak komputer yang menyediakan perpustakaan (libcurl) dan command-line tool (curl) untuk mentransfer data menggunakan berbagai protokol jaringan. Nama singkatan dari "Client for URL".

Dukcapil

Kependudukan dan Catatan Sipil

HIE

Health Information Exchanges

HL7

Health Level Seven atau HL7 mengacu pada serangkaian standar internasional untuk transfer data klinis dan administrasi antara aplikasi perangkat lunak yang digunakan oleh berbagai penyedia layanan kesehatan. Standar ini berfokus pada lapisan aplikasi, yaitu "lapisan 7" dalam model OSI. Standar HL7 diproduksi oleh Health Level Seven International, sebuah organisasi standar internasional, dan diadopsi oleh badan penerbit standar lain seperti American National Standards Institute dan International Organization for Standardization.

Rumah sakit dan organisasi penyedia layanan kesehatan lainnya biasanya memiliki banyak sistem komputer berbeda yang digunakan untuk segala hal mulai dari catatan penagihan hingga pelacakan pasien. Semua sistem ini harus berkomunikasi satu sama lain (atau "antarmuka") ketika mereka menerima informasi baru, atau ketika mereka ingin mengambil informasi, tetapi tidak semuanya melakukannya.

HL7 International menetapkan sejumlah standar, pedoman, dan metodologi yang fleksibel di mana berbagai sistem perawatan kesehatan dapat berkomunikasi satu sama lain. Pedoman atau standar data tersebut adalah seperangkat aturan yang memungkinkan informasi dibagikan dan diproses dengan cara yang seragam dan konsisten. Standar data ini dimaksudkan untuk memungkinkan organisasi layanan kesehatan berbagi informasi klinis dengan mudah. Secara teoritis, kemampuan untuk bertukar informasi ini akan membantu meminimalkan kecenderungan perawatan medis menjadi terisolasi secara geografis dan sangat bervariasi.

HTTPS REST API

Hypertext Transfer Protocol Secure RESTful Application Programming Interface

ICD-10

International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems 10th Revision

ICD-9-CM

International Classification of Procedure Code, 9th Revision, Clinical Modification

IHS

Indonesia Health Services

JSON

JavaScript Object Notation

LKPP

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa

MNI

Master Nakes Index

MPI

Master Patient Index

NIK

Nomor Induk Kependudukan

RME

Rekam Medis Elektronik

SDM

Sumber Daya Manusia

SIMADA

Sistem Informasi Manajemen Data Kefarmasian

SIP

Surat Izin Praktik

SIRS

Sistem Informasi Rumah Sakit

SISDMK

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan

STR

Surat Tanda Registrasi

XML

Extensible Markup Language

Event C-STORE

Event C-STORE merujuk pada salah satu perintah dalam protokol komunikasi DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine). C-STORE merupakan singkatan dari "Composite Store", yang digunakan untuk mengirimkan dan menyimpan gambar medis digital ke sistem PACS (Picture Archiving and Communication System) atau perangkat penyimpanan lainnya.

Dalam konteks DICOM, C-STORE Event adalah perintah yang dikirim oleh perangkat medis (modality) seperti mesin MRI, CT scanner, atau mesin pencitraan lainnya, untuk mengirimkan data gambar medis yang dihasilkan ke sistem PACS. C-STORE Event biasanya dipicu setelah selesai melakukan pemrosesan gambar dan diinginkan untuk menyimpannya dalam repositori gambar yang lebih permanen.

Dalam proses C-STORE, modality menginisiasi koneksi dengan sistem PACS dan mengirimkan gambar medis yang dihasilkan dalam format DICOM. Data gambar dikirim dalam bentuk blok data yang terdiri dari elemen-elemen metadata dan piksel gambar itu sendiri. Sistem PACS kemudian menerima dan menyimpan gambar tersebut dalam repositori yang sesuai.

Dengan menggunakan perintah C-STORE, gambar medis dapat dengan mudah dan efisien dipindahkan dari perangkat medis ke sistem PACS, memungkinkan akses dan manajemen yang lebih baik terhadap gambar medis digital. Perintah hit istilahnya dari modaility menjadi emit event