Akses Kode API

Berikut ini informasi terkait langkah-langkah mendapatkan akses kode API (Organization ID, Client Key, dan Secret Key), yang terdiri dari:

Berikut ini ketentuan Akses Kode API:

  1. Client Key (Secret Key) hanya dapat digunakan oleh 1 Organization ID.

  2. Terdapat validasi apabila Client Key (Secret Key) mengirimkan data Organization ID yang berbeda. Response error sebagai berikut:

    "text": "resource cannot be accessed due to business rule"
  3. Akses kode API bersifat RAHASIA di mana unik, personal, dan khusus disediakan hanya untuk Partner Interoperabilitas SATUSEHAT yang telah terverifikasi di SATUSEHAT platform.

  4. Partner Interoperabilitas SATUSEHAT, DILARANG menduplikasi, mempublikasi, dan/atau mendistribusikan dalam bentuk apapun, sebagian/keseluruhan informasi akses kode API kepada pihak yang tidak sah dan tidak berkepentingan.

Silakan klik setiap teks yang berwarna biru muda, untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan.

Akses Kode API (Sandbox)

Bagian ini menjelaskan terkait langkah-langkah mendapatkan Organization ID, Client Key, dan Secret Key Sandbox(Staging) untuk Anda yang belum/sudah terverifikasi di SATUSEHAT platform.

Fasyankes (Menggunakan Penyedia Sistem RME/Menggunakan Sistem RME Mandiri)

Otoritas yang diberikan kepada Fasyankes (Menggunakan Penyedia Sistem RME/Menggunakan Sistem RME Mandiri) yang telah Terverifikasi adalah:

  • Mendapatkan Akses Kode API Production.

  • Dapat memberikan akses kode API Production-nya kepada penyedia sistem RME/mitra (Partners System) yang terverifikasi di SATUSEHAT platform.

  • Memverifikasi permohonan pengajuan akses kode API Production yang dilakukan oleh Partner System.

  • Fasyankes dapat mengatur pemberian akses kode API-nya atau menghentikan akses kode API yang sudah diberikan kepada Partner System tersebut.

Oleh sebab itu pada bagian ini menjelaskan langkah-langkah terkait:

Partner System

Penyedia Sistem RME (Partner System) yang terverifikasi tidak memiliki akses kode API Production. Partner System harus melakukan permohonan pengajuan akses kode API Production atau mendapatkan akses kode API Production dari Fasyankes yang menjadi mitranya.

Berikut ini informasi langkah-langkah terkait: