Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Luar Gedung
Riwayat Perubahan
Details
Versi | Tanggal Pembaruan | Deskripsi Perubahan | Penanggung Jawab |
---|---|---|---|
v1.1 | 29 Mei 2024 |
| Raden Nurilma Hidayatullah |
v1.0 | 18 Februari 2024 | Rilis dokumen awal. | Raden Nurilma Hidayatullah |
Silakan klik setiap teks yang berwarna biru muda, untuk membaca panduan lebih detail/lanjut ke bagian yang direferensikan. |
POSTMAN SATUSEHAT
Kami menyediakan Postman SATUSEHAT yang berisi Environment dan Postman Collection SATUSEHAT. Anda dapat menggunakan Postman SATUSEHAT tersebut untuk mempermudah proses pemaham alur/skema dari pengiriman data SATUSEHAT pada modul ini ketika melakukan workshop secara mandiri.
Silakan terlebih dahulu men-download/mengunduh/froking environment dan Postman Collection SATUSEHAT sebelum mempelajari modul ini lebih dalam:
|
PREREQUISITES
Sebelum melakukan pengiriman data SATUSEHAT, terdapat 4 langkah yang perlu dilakukan yaitu:
Autentikasi ke SATUSEHAT,
Registrasi Struktur Organisasi,
Registrasi Struktur Lokasi,
Menyimpan Nomor IHS untuk Tenaga Kesehatan (
Practitioner
).
Autentikasi
Informasi autentikasi atau pertukaran/transaksi data akan dibahas lebih lanjut pada Autentikasi
Registrasi Struktur Organisasi
Berikut ini adalah struktur organisasi dari Modul Usia Sekolah dan Remaja PKPR Luar Gedung.
|
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
Registrasi Struktur Lokasi
Berikut ini adalah struktur lokasi dari Modul Usia Sekolah dan Remaja PKPR Luar Gedung,
|
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
Nomor IHS untuk Tenaga Kesehatan
Proses pencarian SATUSEHAT ID dari tenaga kesehatan
|
INTEGRASI
Usia Sekolah dan Remaja PKPR Luar Gedung merupakan pelayanan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di Sekolah dan Posyandu Nakes dan Posyandu Kader pada anak usia 6 - <18 tahun[1].
Playbook use case Usia Sekolah dan Remaja PKPR Luar Gedung dibuat sebagai panduan teknis untuk fasilitas pelayanan kesehatan atau pengembang rekam medis elektronik lainnya dalam melakukan proses integrasi dan interoperabilitas di dalam SATUSEHAT, khususnya informasi terkait kesehatan anak usia sekolah dan remaja. Playbook ini menjelaskan secara detail mengenai standar tahapan alur integrasi dan format pengiriman data, mulai dari:
Pendaftaran Pasien
Pendaftaran Kunjungan
Pengiriman Data Identifikasi Disabilitas
Pengiriman Data Pemeriksaan Kesehatan untuk Usia Sekolah dan Remaja di UKS
Pengiriman Data Pemeriksaan Kesehatan untuk Usia Sekolah dan Remaja di Posyandu oleh Nakes dan Kader
Pengiriman Data Instruksi untuk Tindak Lanjut
Pembaruan Data Kunjungan
Resource FHIR yang digunakan pada use case ini yaitu:
Encounter
MedicationStatement
Observation
Patient
Procedure
QuestionnaireResponse
ServiceRequest
Tahapan alur integrasi dan resource yang digunakan untuk modul Usia Sekolah dan Remaja PKPR dapat dilihat dalam Gambar 3.1 dan 3.2.
Pelaporan terkait data Usia Sekolah dan Remaja PKPR Luar Gedung melalui SATUSEHAT disesuaikan dengan berbagai rujukan sebagai berikut:
Identifikasi disabilitas bersumber dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
Status Gizi bersumber dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Standar Antropometri Anak.
Tekanan Darah bersumber dari Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK 01.07/MENKES/4613/2021 Tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tatalaksana Hipertensi Pada Anak.
Kebugaran, Gigi dan Mulut, Kesehatan Jiwa, Risiko NAPZA, Wawancara Faktor Risiko, dan Edukasi bersumber dari Petunjuk Teknis Penjaringan Kesehatan dan Pemeriksaan Berkala Anak Usia Sekolah dan Remaja.
Pemeriksaan Indera dan Skrining Gejala Klinis Risiko Anemia bersumber dari Petunjuk Teknis Skrining Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja tahun 2023.
Skrining Anemia dan Konsumsi TTD bersumber dari Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur tahun 2018.
Variabel terkait Usia Sekolah dan Remaja PKPR di UKS yang dapat dipertukarkan dalam SATUSEHAT sebagai berikut:
No. | Variabel | Resource FHIR | Path FHIR | |
---|---|---|---|---|
1 | Identitas Umum Pasien | |||
a | Nomor SATUSEHAT Pasien |
|
| |
| ||||
| ||||
b | Nama Lengkap |
|
| |
c | Nomor Rekam Medis |
|
| |
| ||||
| ||||
d | Nomor Induk Kependudukan (NIK) |
|
| |
| ||||
| ||||
e | Nomor Identitas Lain (Khusus WNA) : Nomor Paspor / KITAS |
|
| |
| ||||
| ||||
f | Tempat Lahir |
|
| |
g | Tanggal Lahir |
|
| |
h | Jenis Kelamin |
|
| |
2 | Identifikasi Disabilitas | |||
a | Disabilitas Mental |
|
| |
| ||||
| ||||
b | Disabilitas Sensorik |
|
| |
| ||||
| ||||
c | Disabilitas Fisik |
|
| |
| ||||
| ||||
d | Disabilitas Intelektual |
|
| |
| ||||
| ||||
3 | Pemeriksaan Kesehatan untuk Usia Sekolah dan Remaja di UKS | |||
a | Status Gizi | |||
1) | Berat Badan |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
2) | Tinggi Badan |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
3) | IMT/U |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
b | Tekanan Darah | |||
1) | Tekanan Darah Sistolik |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
2) | Tekanan Darah Diastolik |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
3) | Interpretasi hipertensi |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
c | Pemeriksaan Mata | |||
1) | Hasil pemeriksaan tajam penglihatan mata kanan menggunakan snellen chart |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
2) | Hasil pemeriksaan tajam penglihatan mata kiri menggunakan snellen chart |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
3) | Hasil tes buta warna menggunakan Buku Ishihara |
|
| |
| ||||
| ||||
d | Pemeriksaan Telinga | |||
1) | Hasil pemeriksaan tes berbisik telinga kanan |
|
| |
| ||||
| ||||
2) | Hasil pemeriksaan tes berbisik telinga kiri |
|
| |
| ||||
| ||||
3) | Hasil pemeriksaan telinga luar kanan |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
4) | Hasil pemeriksaan telinga luar kiri |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
e | Kebugaran | |||
1) | Hasil pemeriksaan kebugaran 1000m |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
2) | Hasil pemeriksaan kebugaran 1600m |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
f | Gigi dan Mulut | |||
1) | Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut |
|
| |
| ||||
| ||||
g | Kesehatan Jiwa | |||
1) | Gejala emosional |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
2) | Masalah perilaku |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
3) | Hiperaktivitas |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
4) | Masalah teman sebaya |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
5) | Perilaku Parasosial |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
h | Risiko Napza | |||
1) | Apakah Anak pernah makan/minum obat-obatan terlarang, atau menggunakan zat adiktif lainnya? |
|
| |
| ||||
| ||||
i | Skrining Anemia | |||
1) | Dilakukan pemeriksaan hemoglobin |
|
| |
| ||||
| ||||
2) | Jika ya, bagaimana hasil pemeriksaan HB? |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
3) | Gejala klinis risiko anemia |
|
| |
| ||||
| ||||
j | Konsumsi TTD | |||
1) | Apakah diberikan TTD |
|
| |
| ||||
2) | Jika ya, berapa jumlah TTD diberikan? |
|
| |
| ||||
| ||||
3) | Jumlah TTD dikonsumsi dalam satu bulan terakhir |
|
| |
| ||||
| ||||
4 | Diagnosis |
|
| |
| ||||
| ||||
5 | Instruksi untuk Rencana Tindak Lanjut |
|
|
Variabel terkait Usia Sekolah dan Remaja PKPR di Posyandu oleh Nakes dan Kader yang dapat dipertukarkan dalam SATUSEHAT sebagai berikut:
No. | Variabel | Resource FHIR | Path FHIR | |
---|---|---|---|---|
1 | Identitas Umum Pasien | |||
a | Nomor SATUSEHAT Pasien |
|
| |
| ||||
| ||||
b | Nama Lengkap |
|
| |
c | Nomor Rekam Medis |
|
| |
| ||||
| ||||
d | Nomor Induk Kependudukan (NIK) |
|
| |
| ||||
| ||||
e | Nomor Identitas Lain (Khusus WNA) : Nomor Paspor / KITAS |
|
| |
| ||||
| ||||
f | Tempat Lahir |
|
| |
g | Tanggal Lahir |
|
| |
h | Jenis Kelamin |
|
| |
2 | Identifikasi Disabilitas | |||
a | Disabilitas Mental |
|
| |
| ||||
| ||||
b | Disabilitas Sensorik |
|
| |
| ||||
| ||||
c | Disabilitas Fisik |
|
| |
| ||||
| ||||
d | Disabilitas Intelektual |
|
| |
| ||||
| ||||
3 | Pemeriksaan Kesehatan untuk Usia Sekolah dan Remaja di Posyandu | |||
a | Wawancara Faktor Risiko | |||
1) | Apakah peserta pernah merokok |
|
| |
| ||||
| ||||
2) | Berapa rata-rata jumlah rokok per hari |
|
| |
| ||||
| ||||
3) | Berapa lama merokok dalam tahun |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
4) | Apakah peserta pernah terpapar asap rokok orang lain dalam 1 bulan terakhir |
|
| |
| ||||
| ||||
b | Status Gizi | |||
1) | Berat Badan |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
2) | Tinggi Badan |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
3) | IMT/U |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
c | Tekanan Darah | |||
1) | Tekanan Darah Sistolik |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
2) | Tekanan Darah Diastolik |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
3) | Interpretasi hipertensi |
|
| |
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
| ||||
d | Skrining Anemia | |||
1) | Gejala klinis risiko anemia |
|
| |
| ||||
| ||||
e | Edukasi |
|
| |
| ||||
4 | Diagnosis |
|
| |
| ||||
| ||||
5 | Instruksi untuk Tindak Lanjut |
|
|
1. Pendaftaran Pasien
Apabila melakukan pengiriman data kesehatan melalui SATUSEHAT yang memiliki elemen data terkait resource Patient
, maka diperlukan informasi {patient-ihs-number}
dari pasien yang bersangkutan. {patient-ihs-number}
seorang pasien didapatkan dari Master Patient Index (MPI) Kementerian Kesehatan. MPI menyimpan data-data demografi pasien berskala nasional, mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, identitas resmi yang diterbitkan pemerintah, dan lain lain. Setelah mendapatkan {patient-ihs-number}
, ID dapat disimpan secara di masing-masing sistem internal fasyankes maupun partner non-fasyankes. {patient-ihs-number}
akan mempermudah pelaporan pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan pasien, karena partner tidak diwajibkan menyertakan data diri setiap ada pengiriman data {patient-ihs-number}
juga dapat digunakan untuk melihat data diri pasien secara menyeluruh.
Proses pencarian
|
2. Pendaftaran Kunjungan Pasien
Kunjungan pasien dapat didefinisikan sebagai interaksi pasien terhadap suatu layanan fasyankes. Sebagai contoh, dalam satu rangkaian rawat jalan, seluruh rangkaian dapat didefinisikan sebagai satu Encounter
. Data-data kunjungan pasien yang direkam meliputi kapan pertemuan tersebut mulai dan selesai, siapa tenaga kesehatan yang melayani, siapa subjek dari pelayanannya, dan informasi pendukung lainnya.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
3. Identifikasi Disabilitas
Data terkait identifikasi disabilitas dapat dikirimkan menggunakan resource Observation
.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Daftar variabel dan terminologi yang digunakan dalam pengiriman data Identifikasi Disabilitas melalui resource Observation
, yaitu:
Pemetaan Variabel Resource Observation dan MedicationStatement | |
---|---|
Elemen/Path FHIR | Terminologi/Format Pengisian |
1. Disabilitas Mental | |
| |
| 268391007 |
| Disability assessment - mental |
| |
| survey |
| Survey |
| (Lihat Lampiran 1) |
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | (Lihat Lampiran 1) |
2. Disabilitas Sensorik | |
| |
| 406135009 |
| Sensory disability |
| |
| survey |
| Survey |
| (Lihat Lampiran 2) |
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | (Lihat Lampiran 2) |
3. Disabilitas Fisik | |
| |
| 165220001 |
| Disability assessment observations - physical |
| |
| survey |
| Survey |
| (Lihat Lampiran 3) |
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | (Lihat Lampiran 3) |
4. Disabilitas Intelektual | |
| |
| 110359009 |
| Intellectual disability |
| |
| survey |
| Survey |
| (Lihat Lampiran 4) |
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | (Lihat Lampiran 4) |
4. Pemeriksaan Kesehatan untuk Usia Sekolah dan Remaja di UKS
Data terkait pemeriksaan kesehatan untuk Usia Sekolah dan Remaja di UKS dikirimkan menggunakan resource Observation
dan MedicationStatement
.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Daftar variabel dan terminologi yang digunakan dalam pengiriman data melalui resource Observation
dan MedicationStatement
yaitu:
Pemetaan Variabel Resource Observation dan MedicationStatement | |||
---|---|---|---|
Elemen/Path FHIR | Terminologi/Format Pengisian | ||
Status Gizi | |||
1. Berat Badan | |||
| |||
| 29463-7 | ||
| Body weight | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| kg | ||
| |||
| kg | ||
2. Tinggi Badan | |||
| |||
| 8302-2 | ||
| Body height | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| cm | ||
| |||
| cm | ||
3. IMT/U | |||
| |||
| 1153596006 | ||
| Body mass index for age z-score | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| Reference ke resource | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| {Zscore} | ||
| |||
| {Zscore} | ||
| (Lihat Lampiran 5) | ||
| (Lihat Lampiran 5) | ||
Tekanan Darah | |||
1. Tekanan Darah Sistolik | |||
| |||
| 8480-6 | ||
| Systolic blood pressure | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| mm[Hg] | ||
| |||
| mm[Hg] | ||
2. Tekanan Darah Diastolik | |||
| |||
| 8462-4 | ||
| Diastolic blood pressure | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| mm[Hg] | ||
| |||
| mm[Hg] | ||
3. Interpretasi Hipertensi | |||
| |||
| 268607006 | ||
| Hypertension risk level | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| Reference ke resource | ||
| (Tipe data Ratio) | ||
| mm[Hg] | ||
| |||
| mm[Hg] | ||
| (Tipe data Ratio) | ||
| mm[Hg] | ||
| |||
| mm[Hg] | ||
| (Lihat Lampiran 6 dan Lampiran 7) | ||
| (Lihat Lampiran 6 dan Lampiran 7) | ||
Pemeriksaan Mata | |||
1. Hasil tes tajam penglihatan mata kanan menggunakan snellen chart | |||
| |||
| 79882-7 | ||
| Visual acuity uncorrected Right eye by Snellen eye chart | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| (Tipe data Ratio) | ||
| m | ||
| |||
| m | ||
| (Tipe data Ratio) | ||
| m | ||
| |||
| m | ||
| (Tipe data Ratio) | ||
| (Lihat Lampiran 8) | ||
| (Lihat Lampiran 8) | ||
2. Hasil tes tajam penglihatan mata kiri menggunakan snellen chart | |||
| |||
| 79883-5 | ||
| Visual acuity uncorrected Left eye by Snellen eye chart | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| (Tipe data Ratio) | ||
| m | ||
| |||
| m | ||
| (Tipe data Ratio) | ||
| m | ||
| |||
| m | ||
| (Lihat Lampiran 9) | ||
| (Lihat Lampiran 9) | ||
3. Hasil tes buta warna menggunakan Buku Ishihara | |||
| |||
| 79732-4 | ||
| Type of Color vision exam method | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| |||
| 45089002 | 193683001 | |
| Normal vision | Color blindness | |
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | Normal | Buta Warna | |
Pemeriksaan Telinga | |||
1. Hasil pemeriksaan tes berbisik telinga kanan | |||
| |||
| 247301006 | ||
| Finding of ability to hear whisper | ||
| |||
| 25577004 | ||
| Right ear structure | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| |||
| 275727004 | 300221005 | |
| Hearing test normal | Hearing for whisper impaired | |
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | Normal | Gangguan pendengaran | |
2. Hasil pemeriksaan tes berbisik telinga kiri | |||
| |||
| 247301006 | ||
| Finding of ability to hear whisper | ||
| |||
| 89644007 | ||
| Left ear structure | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| |||
| 275727004 | 300221005 | |
| Hearing test normal | Hearing for whisper impaired | |
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | Normal | Gangguan pendengaran | |
3. Hasil pemeriksaan telinga luar kanan | |||
| |||
| 225670007 | ||
| Examination of ear | ||
| |||
| 69838001 | ||
| Right external ear structure | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| |||
| 300196000 | OV000314 | OV000304 |
| Ear normal | Curiga OMSK (otitis media supuratif kronik) | Curiga Serumen |
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | Normal | Curiga OMSK (otitis media supuratif kronik) | Curiga Serumen |
4. Hasil pemeriksaan telinga luar kiri | |||
| |||
| 225670007 | ||
| Examination of ear | ||
| |||
| 49521004 | ||
| Left external ear structure | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| |||
| 300196000 | OV000314 | OV000304 |
| Ear normal | Curiga OMSK (otitis media supuratif kronik) | Curiga Serumen |
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | Normal | Curiga OMSK (otitis media supuratif kronik) | Curiga Serumen |
Kebugaran | |||
1. Hasil pemeriksaan kebugaran 1000m | |||
| |||
| OC000124 | ||
| Pemeriksaan kebugaran 1000m | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| s | ||
| |||
| s | ||
| (Lihat Lampiran 10) | ||
| (Lihat Lampiran 10) | ||
2. Hasil pemeriksaan kebugaran 1600m | |||
| |||
| OC000125 | ||
| Pemeriksaan kebugaran 1600m | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| s | ||
| |||
| s | ||
| (Lihat Lampiran 11) | ||
| (Lihat Lampiran 11) | ||
Pemeriksaan Gigi dan Mulut | |||
| |||
| 32478-0 | ||
| Physical findings of Teeth and gum | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| (Lihat Lampiran 12) | ||
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | (Lihat Lampiran 12) | ||
Kesehatan Jiwa | |||
1. Gejala Emosional | |||
| |||
| 386816005 | ||
| Emotional problems | ||
| |||
| survey | ||
| Survey | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| {score} | ||
| |||
| {score} | ||
| (Lihat Lampiran 13) | ||
| (Lihat Lampiran 13) | ||
2. Masalah Perilaku | |||
| |||
| 277843001 | ||
| Problem behavior | ||
| |||
| survey | ||
| Survey | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| {score} | ||
| |||
| {score} | ||
| (Lihat Lampiran 14) | ||
| (Lihat Lampiran 14) | ||
3. Hiperaktivitas | |||
| |||
| 44548000 | ||
| Hyperactive behavior | ||
| |||
| survey | ||
| Survey | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| {score} | ||
| |||
| {score} | ||
| (Lihat Lampiran 15) | ||
| (Lihat Lampiran 15) | ||
4. Masalah Teman Sebaya | |||
| |||
| 52381000119109 | ||
| Peer problem | ||
| |||
| survey | ||
| Survey | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| {score} | ||
| |||
| {score} | ||
| (Lihat Lampiran 16) | ||
| (Lihat Lampiran 16) | ||
5. Perilaku Parasosial | |||
| |||
| OC000092 | ||
| Perilaku Parasosial | ||
| |||
| survey | ||
| Survey | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| {score} | ||
| |||
| {score} | ||
| (Lihat Lampiran 17) | ||
| (Lihat Lampiran 17) | ||
Risiko NAPZA | |||
| |||
| 70545002 | ||
| Narcotic drug user | ||
| |||
| survey | ||
| Survey | ||
| (Tipe Data Boolean) | ||
Skrining Anemia | |||
1. Dilakukan pemeriksaan hemoglobin | |||
| |||
| PC000015 | ||
| Point of Care Testing HB Meter | ||
| |||
| 171201007 | ||
| Anemia screening | ||
| |||
| completed | not-done | |
| Completed | Not Done | |
2. Jika ya, bagaimana hasil pemeriksaan HB? | |||
| |||
| 30352-9 | ||
| Hemoglobin [Mass/volume] in Capillary blood | ||
| |||
| laboratory | ||
| Laboratory | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| g/dL | ||
| |||
| g/dL | ||
| (Lihat Lampiran 18 sampai dengan Lampiran 21) | ||
| (Lihat Lampiran 18 sampai dengan Lampiran 21) | ||
3. Gejala klinis risiko anemia | |||
| |||
| OC000155 | ||
| Gejala klinis risiko anemia | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| (Lihat Lampiran 22) | ||
| (Lihat Lampiran 22) | ||
Konsumsi TTD | |||
1. Apakah diberikan TTD | |||
| |||
| Kode KFA Pengisian kode KFA tergantung jenis obat yang diresepkan atau dikeluarkan tergantung apakah dalam bentuk produk obat template (92xxxxxx) atau produk obat aktual (93xxxxxx). Daftar kode obat KFA dapat dilihat dalam browser Kamus KFA. Berikut adalah variasi pengiriman data menggunakan
Kode KFA terkait dengan obat Tablet Tambah Darah dapat dilihat pada Lampiran 23 | ||
| Deskripsi Kode KFA | ||
| |||
| completed | not-done | |
| Completed | Not Done | |
2. Jika ya, berapa jumlah TTD diberikan? | |||
| (Tipe data Positive Decimal) | ||
| TAB | ||
| |||
| TAB | ||
3. Jumlah TTD dikonsumsi dalam satu bulan terakhir | |||
| |||
| OC000127 | ||
| Jumlah TTD dikonsumsi dalam satu bulan terakhir | ||
| |||
| survey | ||
| Survey | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| TAB | ||
| |||
| TAB |
5. Pemeriksaan Kesehatan untuk Usia Sekolah dan Remaja di Posyandu oleh Nakes dan Kader
Data terkait pemeriksaan kesehatan untuk Usia Sekolah dan Remaja di Posyandu oleh Nakes dan Kader dikirimkan menggunakan resource Observation
, QuestionnaireResponse
dan MedicationStatement
.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Daftar variabel dan terminologi yang digunakan dalam pengiriman data melalui resource Observation
, QuestionnaireResponse
, dan MedicationStatement
yaitu:
Pemetaan Variabel Resource Observation dan MedicationStatement | |||
---|---|---|---|
Elemen/Path FHIR | Terminologi/Format Pengisian | ||
Wawancara Faktor Risiko | |||
1. Apakah peserta pernah merokok | |||
| |||
| 1 | ||
| Apakah peserta pernah merokok | ||
| (Tipe data Boolean) | ||
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | Ya | Tidak | |
2. Berapa rata-rata jumlah batang rokok per hari | |||
| |||
| 2 | ||
| Berapa rata-rata jumlah batang rokok per hari | ||
| (Tipe data Integer) | ||
3. Berapa rata-rata jumlah batang rokok per hari | |||
| |||
| 3 | ||
| Berapa lama merokok dalam tahun | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| a | ||
| |||
| a | ||
4. Apakah peserta pernah terpapar asap rokok orang lain dalam 1 bulan terakhir | |||
| |||
| 4 | ||
| Apakah peserta pernah terpapar asap rokok orang lain dalam 1 bulan terakhir | ||
| (Tipe data Boolean) | ||
Pilihan jawaban yang divisualisasikan | Ya | Tidak | |
Status Gizi | |||
1. Berat Badan | |||
| |||
| 29463-7 | ||
| Body weight | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| kg | ||
| |||
| kg | ||
2. Tinggi Badan | |||
| |||
| 8302-2 | ||
| Body height | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| cm | ||
| |||
| cm | ||
3. IMT/U | |||
| |||
| 1153596006 | ||
| Body mass index for age z-score | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| Reference ke resource | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| {Zscore} | ||
| |||
| {Zscore} | ||
| (Lihat Lampiran 5) | ||
| (Lihat Lampiran 5) | ||
Tekanan Darah | |||
1. Tekanan Darah Sistolik | |||
| |||
| 8480-6 | ||
| Systolic blood pressure | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| mm[Hg] | ||
| |||
| mm[Hg] | ||
2. Tekanan Darah Diastolik | |||
| |||
| 8462-4 | ||
| Diastolic blood pressure | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| (Tipe data Decimal) | ||
| mm[Hg] | ||
| |||
| mm[Hg] | ||
3. Interpretasi Hipertensi | |||
| |||
| 268607006 | ||
| Hypertension risk level | ||
| |||
| vital-signs | ||
| Vital Signs | ||
| Reference ke resource | ||
| (Tipe data Ratio) | ||
| mm[Hg] | ||
| |||
| mm[Hg] | ||
| (Tipe data Ratio) | ||
| mm[Hg] | ||
| |||
| mm[Hg] | ||
| (Lihat Lampiran 6 sampai Lampiran 7) | ||
| (Lihat Lampiran 6 sampai Lampiran 7) | ||
Skrining Anemia | |||
1. Gejala klinis risiko anemia | |||
| |||
| OC000155 | ||
| Gejala klinis risiko anemia | ||
| |||
| exam | ||
| Exam | ||
| (Lihat Lampiran 22) | ||
| (Lihat Lampiran 22) | ||
Edukasi | |||
| |||
| 409073007 | ||
| Education | ||
|
|
| Keterangan |
386463000 | Prescribed activity/exercise education | Aktivitas fisik | |
710881000 | Education about eating pattern | Isi piringku | |
225324006 | Smoking effects education | Bahaya rokok | |
708652009 | Narcotics education | Bahaya NAPZA | |
ED000013 | Edukasi Pencegahan Anemia | Pencegahan Anemia |
6. Pengiriman Data Diagnosis
Data diagnosis dari pasien yang bersangkutan akan dipetakan dengan menggunakan standar FHIR DomainResource dengan tipe Condition
.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
Pemetaan Variabel dan Terminologi Spesifik
Terminologi spesifik yang digunakan dalam pengiriman data Diagnosis melalui resource Condition
, yaitu:
Pemetaan Variabel Resource Condition | |||
---|---|---|---|
Elemen/Path FHIR | Terminologi/Format Pengisian | ||
1. Diagnosis | |||
| |||
| encounter-diagnosis | ||
| Encounter Diagnosis | ||
| |||
| Z00.1 | Z00.2 | Z00.3 |
| Routine child health examination | Examination for period of rapid growth in childhood | Examination for adolescent development state |
2. Keterangan | |||
| (Tipe data String) |
7. Pengiriman Data Instruksi untuk Tindak Lanjut
Pengiriman data instruksi untuk tindak lanjut dapat dilakukan dengan menggunakan resource ServiceRequest
.
Pemetaan nilai, pemetaan variabel dan terminologi spesifik, serta skema pengiriman data dapat merujuk ke modul pelayanan yang terkait, baik modul Resume Medis - Rawat Jalan, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), maupun Rawat Inap di SATUSEHAT. Contoh pengiriman data atau payload dari pengiriman data sesuai dengan resource atau use case tersebut dapat dilihat dalam Postman SATUSEHAT |
8. Pembaruan Data Kunjungan
Setelah pasien selesai melakukan kunjungan ke fasyankes, maka perlu dilakukan pembaharuan data kunjungan dengan menambahkan informasi seperti diagnosis primer, diagnosa sekunder, periode kunjungan selesai, Kondisi Saat Meninggalkan Rumah Sakit, dan Rencana Tindak Lanjut, Cara Keluar dari Rumah Sakit, atau informasi lainnya yang belum tersedia di awal kunjungan dengan metode PUT
. Pastikan dalam payload yang akan dilakukan pembaharuan, dimasukkan elemen Encounter.id
yang berisi UUID
balikan dari SATUSEHAT setelah pengiriman data kunjungan di awal.
Penjelasan tipe mandatoris, deskripsi dan format pengisian dari setiap elemen data/path di dalam resource Encounter
, dan contoh pengiriman data atau payload dari pembaharuan data kunjungan dapat dilihat dalam Postman Collection.